Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Cara buat Fanspage facebook untuk Bisnis, Kreator atau Komunitas

3 min read

cara membuat fansfage facebook

Apa Manfaat membuat fanspage facebook? Fasilitas halaman yang diberikan oleh facebook dapat berperan sebagai kendali atas aktivitas yang lebih spesial antar pengguna, oleh karenanya banyak yang membuat fanspage facebook secara khusus.

Seorang atau kelompok ahli yang menjadi kiblat bagi sebagai orang sehingga mereka bersedia mengikuti setiap aktivitasnya.

Advertisements

Bagaikan verifikasi terhadap apa yang ingin ditonjolkan, peran halaman menjadi hal yang harus dimiliki oleh praktisi, pebinis, kelompok atau komunitas, tenaga ahli, dan peran penting lainnya yang perlu untuk dideskripsikan.

Dalam Hal lain, Peran halaman menjadi salah satu syarat pengguna untuk menjailn kerjasama dengan pengembang facebook dalam hal penempatan promosi konten iklan.

Cara membuat Fanspage Facebook

1. Silakan kunjungi halaman facebook dan login dengan user pengguna

2. Selanjutnya temukan menu Halaman, pada bar sebelah kiri di  jendela layar facebook.

cara membuat fanspage facebook

3. Klik icon ” + “ , untuk membuat Halaman fanspage baru.

Klik buat untuk membuat fanspage facebook

4. Lengkapi informasi Fanspage yang ingin dibuat, seperti Nama halaman, Kategori dan deskripsi yang mewakilinya, setelesai selesai dan tersedia, klik tombol buat halaman

informasi membuat fanspage facebook

Pada tampilan jendela halaman seri terbaru, pengguna dapat melihat gambaran lengkap yang dapat ditinjau dari perangkat Desktop maupun seluler.

5. Tunggu proses pembuatan selesai, sampai popup berhasil dibuat muncul, pergi kehalaman facebook awal dan lakukan pemuktahiran atau refresh pada browser yang digunakan. Maka Halaman yang tadi akan terdaftar di akun facebook anda.

6. Selanjutnya, melengkapi informasi halaman untuk menjelaskan lebih rinci dari peran yang akan diambil.

Untuk menyesuaikannya terdapat pada beberapa menu pada halaman, diantaranya:

Merubah Photo profil dan Background Halaman

Untuk menambahkan photo pada profil dan halaman caranya cukup mudah, kamu dapat menemukan pengaturan tersebut di menu kelola halaman > beranda pada halaman. Klik icon Kamera untuk mengupload photo atau gambar yang diinginkan.

Dalam menambahkannya, dapat diunggah dari lokal file perangkat PC, atau media diambil dari koleksi photo yang pernah diunggah sebelumnya.

Pada Background halaman, pengguna dapat menambahkan beberapa gambar dan membuatnya bergerak seperti slider, silakan dapat menyesuaikannya seseuai kebutuhan.  Jangan Lupa untuk save dengan klik tombol simpan perubahan.

facebook fanspage ganti profil dan background

Menambahkan informasi Lengkap Halaman

Tahap pembuatan amal hanya menyertakan informasi umum pada halaman, untuk menambahkan informasi lengkapnya kita dapat mengunjungi menu kelola halaman > edit info halaman.

Pada halaman Tersebut pengguna dapat menambahkan informasi seperti , Nomer kontak, email, situs web terkait, Lokasi tempat usaha atau komunitas, Jam kerja buka tutup ke aktifan halaman dan informasi lengkap lainnya.

Pada menu tersebut juga pengguna dapat merubah nama, deskripsi, dan kategori peran halaman jika ingin menggantinya, silakan dilengkapi agar siap untuk terbit.

edit info halaman facebook

Mengubah Tampilan (Tamplat ) Halaman

Facebook menyediakan beberap tata letak halaman yang dapat digunakan oleh pengguna, sesuai dengan penempatan konten yang diinginkan.

Untuk merubahnya sangatlah mudah, pada pengaturan halaman pilih menu Templat dan Tab, selanjutnya pilih edit, disana terdapat beberapa pilihan seperti standar, dirancang untuk bisnis, tempat acara, nirbala, Politisi, sebuah layanan, toko online atau khusus memuat konten video.

Standar adalah pengaturan tampilan awal pada halaman bisa dibilang bawaan, silakan pilih dan coba saja sesuai kebutuhan peran halaman yang akan diambil dan lihat bagaimana perbedaannya.

Advertisements

mengganti templat

Menambah Peran halaman

Peran halaman digunakan untuk membagi tugas dalam mengelola dalam beberapa tugas, seperti admin, editor, moderator, analisis dan pengiklan.

Menambahkan beberapa orang tim kepercayaan akan membantu membangun peran halaman yang responsif dan aktif, untuk melakukan itu pergi ke  pengaturan > peran halaman.

Selanjutnya dapat menambahkan orang dengan kata kuci akun nama facebook atau email yang akan diundang dan jangan lupa memberikan peran otorisasinya.

Menambahkan anggota

Menghubungkan Akun dengan Instagram dan Whatsapp

Pengguna dapat mengkaitkan halaman dengan akun media sosisal intagram dan whatsapp, hal ini dapat membantu cakupan konten dan peran menjadi lebih luas.

Mengelola sebuah masukan, komentar dan  feedback dari banyak orang dan mengelolanya cukup dengan satu jedela saja dapat dirasakan saat menghubungkannya.

Selain itu, sebagai salah satu syarat dapat beriklan di instagram adalah memiliki halaman fanspage facebook, jadi sangat direkomendasikan untuk menghubungkannya. Tindakan lebih dapat di atur dengan balasan chat cepat dari whatsapp bisnis.

Temukan pada pengaturan halaman > Instagram > hubungkan akun dan langkah yang sama pada whatsapp hanya berbeda di menu prioritasnya saja yang dibedakan.

hubungkanke akun instagram dan whatsapp

Mengatur pesan balasan otomatis

Admin halaman dapat mensetting balasan otomatis ketika ada pengguna lain yang mengirikan pesan, cara tersebut digunakan sebagai pemberian layanan walau tidak sedang online.

Selain itu juga, fanspage facebook mendukung pesan chatboot yang dapat memberikan balasan cepat sesuai dengan topik yang ingin diketahui, tentunya telah diset terlebih dahulu sebelumnya.

Temukan menu tersebut di pengaturan > pengiriman pesan > aktifkan menu memulai percakapan, selanjutnya dapat menyesuaikan teks yang ingin disampaikan kepada pengguna dengan menekan tombol ubah.

memulai percakapan otomatis

Dan gulir kebawah untuk menemukan balasan otoamtis pada menu siapan percakan masengger, selanjunya pengguna cukup menyesuaikan dan menonaktifkan beberap fungsi yang mendukung hal itu.

Menghubungkan Halaman Fanspage Lain

Jika memiliki partner halaman lain, pengguna dapat menghubungkannya sehingga dapat mengirim dan memposting konten video satu sama lain dengan nama halamannya sendiri. Hal tersebut sangat membantu jika memiliki konten serupa dengan peran halamanan lainnya.

Mengaktifkannya pun cukup mudah, temukan pada pengaturan > Crossposting, selanjutnya masukan URL atau alamat dari halaman yang akan ditambahkan. silakan temukan informasi lebih lanjut di forum komunitas

Menambahkan Tombol cepat

Tombol cepat dapat ditambahkan oleh admin untuk mempermudah komunikasi pengguna dengan peran halaman, hal tersebut akan sangat membantu dalam memberikan layanan cepat kepada pengguna.

Dalam perannya sendiri terdapat beberpa akses tombol cepat yang dapat digunakan oleh halaman seperti, membeli gift card, pesan makanan, pesan sekarang, telepon sekarang, hubungi kami, kirim pesan dan banyak lainnya.

Temukan menu tersebut di Kelola halaman > Beranda, klik icon tambahkan tombol disamping profil halaman.

menambahkan tombol cepat

Tentu beberapa penyesuaian pada halaman tersebut hanya mewakili bagian besarnya saja, silakan lengkapi seluruh informasi yang dapat mewakili tujuan fanspage secara mendalam.

Fanspage sendiri dapat digunkan sebagai media kreator yang dapat menghasilkan uang, dengan memonetisasinya sehingga iklan dari facebook akan muncul di konten yang telah pengguna buat sebelumnya, tentu hal itu harus sesuai dengan persyaratannya.

Selain itu, fanspage sering digunakan oleh sebagian publihser konten untuk aman berbagi di facebook dengan mengggunakan link website secara langsung.

Bagaimana apakah langkah buat fansfage facebook ini bermanfaat bagi anda?

Advertisements

Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *