Cara Membuat Countdown Waktu OBS Studio

Acara yang di selenggarakan secara online tentunya perlu persiapan yang sedikit lebih lama dari biasanya, mulai dari perangkat pendukung sampai kesiapan streamer atau MC acara pada event tertentu yang menggunakan OBS Studio.

Penggunaan Countdown waktu obs atau Waktu Tunggu yang di tampilkan pada konten utama menjadi pilihan cerdas untuk memberikan isyarat kepada penonton bahwa acara akan segera berlangsung  dalam waktu yang tertera pada jendela layar mereka.

Alih-alih menunggu yang tidak pasti kapan dimulainya acara, para penonton juga dapat turut mempersiapkan diri sebelum menyimak acara, misalnya mengambil cemilan, pergi ke toilet dan banyak lainnya.

Penggunaan Coundown waktu di obs terbilang cukup mudah, pengguna obs hanya menambahkan script yang sudah di sediakan oleh komunitas untuk dapat digunakan atau aplikasi pihak ketiga sebagai pilihan.

Countdown Waktu OBS dengan Script tambahan

Untuk melakukan langkah ini maka ada beberapa tahap yang harus di ikuti, berikut ulasan lengkapnya:

1. Siapkan software obs yang telah terpasang, jika belum silahkan download di halaman resminya

2. Download OBS Lua Advanced Timer, di halaman resource obs studio, ambil langkah cepat download disinicountdown waktu obs

3. Silahkan download ekstensi .lua atau zip untuk mendapatkan paket yang lebih aman

4. Setelah itu, buka aplikasi obs studio, pergi ke munu Tools yang berada di atas jendela layar > script

5. Klik icon “+“, Lalu arahkan ke file advanced-timer.lua yang telah di download sebelumnya
menambahkan advanced-timer

6. Alihkan sebentar, untuk membuat source text terlebih dahulu, klik “+” pada source > pilih Text(GDI)> beri nama source (bebas) > Isikan text sementara (bebas) misalnya waktu > Sesuaikan font, ukuran dan posisi sesuai kebutuhan.
waktu

7. Selanjutnya kembali lagi ke menu Tools > script > pada menu sebelah kanan atur durasi waktu dalam hitungan menit misal 60 > pilih source text yang sebelumnya telah di buat
coundown

8. Maka Text yang sebelumnya bertuliskan waktu, berubah jadi angka yang menunjukan waktu mundur
wkatu mundur

9. Selebihnya dapat menyesuaikan, jenis font, warna dan posisi sesuai kebutuhan

Baca juga: Hubungkan 2 OBS dengan NDI OBS (Network Device Interface)

Penggunaan Waktu mundur pada jendela layar, dapat di padukan dengan tema layout pada tamplet yang telah di konsep sebelumnya, sehingga membuatnya seperti menyatu dan tidak terpisah pada bagiannya.

x

Pahami lebih lanjut tentang penggunaan obs yang lebih lengkap di cara setting obs studio untuk streaming maupun recording, padukan Countdown waktu OBS dengan animasi video untuk tampilan depan yang lebih menarik membuat para penonton akan semakin antusias pada acara yang akan kamu selenggarakan.

Tinggalkan komentar