Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10 bisa dilakukan oleh pengguna ketika perangkat pernah tersambung pada koneksi sebelumnya. Proses ini kerap dilakukan oleh beberapa pengguna ketika ingin menghubungkan juga pada perangkat lainnya atau sekedar mendapatkan pertanyaan dari teman.

Kombinasi yang digunakan pada sandi pengaman wifi, terkadang dibangun dengan cukup sulit untuk diingat, misalnya penambahan karakter unik seperti “#!#“,  atau perpaduan huruf Kapital dan numerik.

Cara Melihat Password Wifi di Laptop

Sangat mudah cara melihat password wifi di laptop, pada beberapa device seperti smartphone dengan sistem operasi android, dapat melihat password dengan menscan barcode yang berisi informasi sandi, namun sedikit berbeda pada windows 10.

Upaya untuk meilhat kombinasi sandi pada perangkay wifi dapat dilakukan dengan tahapan berikut:

1.Akses menu pengaturan pada menu start windows > Control panel, bisa langsung mengetikan kata kunci “control panel”  di pencarian windows.

Control Panel windows 10

2. Pilih Network And Internet pada view by kategori, untuk masuk pada panel pengaturan jaringan pada sistem.

network and internet windows 10network and internet windows 10

3. Selanjutnya pilih Network And Sharing center > Change adapter settings > Pilih Wifi adapter

network adapter settings

4. Double klik pada wifi adapter > wireless properties > Security > Show Characters

cara melihat password wifi di laptop windows 10

Password akan muncul pada block network security key, informasi keamanan yang di gunakan dapat diketahui seperti WPA2-Personal dan tipe enkripsinya Misalnya AES. Untuk melihat password lainnya pengguna dapat menghubungkan perangkat pada koneksi yang pernah tersambung sebelumnya.

Baca juga: 7 Perbedaan Wifi dan Hotspot dalam Koneksi Nirkable

Cek Password Wifi malalui CMD

cara melihat password wifi di windows 10 dapat menggunakan alternatif lain jika lebih suka mendapatkan informasi melalui windows console.

Para penggunanya dapat mengetahui password wifi yang pernah tersambung pada perangkat melalui command prompt, dengan perintah berikut:

1. Buka CMD dengan akses administrator, klik kanan > Run as administrator

cmd administrator windows 10

2. Ketikan Perintah ” netsh wlan show profile” , untuk melihat jaringan wifi yang pernah terhubung dan melihat profile lengkapnya.

showw profile wlan

3. Selanjutnya tambahkan perintahnya menjadi “ netsh wlan show profile [Nama Wifi] key=clear “, misalnya netsh wlan shw profile yuwok key=clear”. Yuwok adalah nama wifi yang digunakan pada perangkat.

mengetahui password wifi laptop

4. Gulir kebawah dan temukan data security setting untuk mengetahui sandi dari wifi profile tersebut.

Password wifi  yang telah didapatkan, selanjutnya bisa di coba untuk di inputkan pada device yang ingin dihubungkan pada jaringan dan mengetahui apakah kombinasi sandi tepat atau tidak.

Kedua proses memiliki hasil akhir yang sama yaitu untuk mengetahui password wifi yang digunakan ataupun pernah tersambung dengan perangkat.

Windows 10 mendukung koneksi yang dapat tersambung secara otomatis ketika perangkat pertama atau dinyalakan kembali. fitur tersebut dapat dinikmati oleh pengguna ketika menceklis persetujuan sambungan otomatis ketika pertama kali tersambung pada koneksi tersebut.

Sehingga tidak perlu melakukan perulang dari awal atau reconecting pada wifi yang sama di lain waktu.

Beberapa pengguna terkadang lupa kombinasi password yang digunakan untuk tersambung sebelumnya, cara melihat password wifi di windows 10 ini bisa di coba untuk mengatasi permasalah tersebut ketika ingin mengetahuinya kembali.

Tinggalkan komentar