Cara Melihat IP Address Komputer, Android dan wifi

Ada Situasi yang diperlukan untuk melihat IP address komputer, Smartphone Android, Wifi, Modem dan device lainnya. Tepat sekali kalian meluangkan waktu untuk membaca artikel yang akan memberikan penjelasannya dengan lengkap.

Tentunya perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan memiliki identitas alamat yang unik sebagai pengenal mereka untuk berkomunikasi satu sama lain dan berbagi file seperti internet.

Identitas didapatkan dengan dua cara, baik diperoleh dengan manual (static)  maupun pemberian oleh paket layanan IP secara otomatis (dhcp), bagaimana kita mengetahuinya berikut adalah langkah yang dapat kalian ikuti:

Cara Melihat IP Address windows 10

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui pengalamatan yang digunakan oleh perangkat, baik itu puntuk melihat ip address laptop maupun cek ip komputer, Berikut cara melihatnya pada windows 10.

1. Cek IP Address melalui CMD

CMD atau Command Prompt merupakan layanan host pada komputer yang disajikan dalam bentuk Command Line Interfaces, Berikut langkah yang dapat kalian coba untuk menerapkannya:

  1. Silakan tekan tombol kombinasi Windows + R pada halaman depan, dan ketikan kata kunci cmd >> ENTER / OK.

    Cara melihat ip address cmd

    2. Setelah itu ketikan perintah ipconfig >> tekan enter, maka informasi adapter jaringan beserta IP Address akan tampil.

    cara melihat ip address cmd 2

2. Melalui Control Panel

Cara kedua untuk mengetahui alamat ip komputer dan laptop adalah dengan akses pengaturan panel lalu masuk ke network setting berikut langkahnya:

  1. Silakan buka control panel, dapat dilakukan dengan Kombinasi Windows + R >> Control panel, atau dapat juga mengketikan kata kunci pada menu pencarian / setting. Pilih Menu network and internet
    cara melihat ip address dengan control panel
  2. Selanjutnya, pilih Network and sharing center >> Change Adapter settings >> Pilih jaringan yang terhubung contoh wi-fi atau eternet untuk sambungan via kabel.

    pemilihan adapter network
  3. Double klik pada adapter yang terhubung >> details

    melihat ip address details

Baca juga: Cara mengganti IP address di komputer dan Laptop

Swipe to Continue
advertisment

3. Melalui Network & Internet Settings

Cara yang ketiga melalui sedikit kemiripan dengan yang ke dua, namun mengapa tidak untuk mencobanya, berikut langkahnya:

  1. Silakan klik kanan pada icon sambungan wifi yang berada pojok kanan bawah >> Open Network & Internet Settings.

    cara melihat ip address Network settings

  2. Pilih menu Wifi >> Hardware properties

    network setting ip address

4. Melalui Web Browser

Mesin pencari seperi google dapat menampilkan informasi identitas yang kita gunakan, namun perlu diketahui informasi yang ditampilkan merupakan ip publik dari ISP atau layanan provider yang kalian gunakan, berikut langkahnya:

  1. Silakan buka web browser google >> ketikan kata kunci what my ip

    cara melihat ip address browser

5. Melalui Aplikasi Desktop Pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga seperti: Advanced Ip Scanner, Angry IP dan lainnya dapat kalian coba, kita akan demokan dengan advanced IP scanner, berikut langkahnya:

  1. Silakan Kalian download aplikasinya, ip scanner
  2. Setelah itu pasang dan jalankan aplikasi tersebut
  3. mulai dengan menekan menu scan, dan seluruh ip yang tersambung dalam jaringan yang sama dapat diketahui.

    ip scanner demo

6. Cara melihat IP Addres dengan Mikrotik

Mikrotik membantu manjemen network lebih mendalam, sehingga sangat mudah untuk melihat ip address wifi dan perangkat yang terhubung didalamnya. Tak menutup kemungkinan juga melihat Ip address orang lain yang terhubung bisa dilakukan dengan mikrotik.

Jika kamu mendalami dunia jaringan tingkat lanjut, kamu dapat memanfaatkan perangkat tambahan untuk memanajemen keperluan jaringan dan untuk  melakukan tugas ini sangat mudah, berikut caranya:

  1. Silakan instal winbox, dan login dengan user mikrotik yang telah dibuat.
  2. Masuk ke menu IP >> Addreses >> Address List

    mikrotik list ip address

7. Cek IP address website

Website yang online pada mesin pencari dan dapat diakses, memiliki ip address yang termuat didalamnya, contohnya google dengan alamat ip address 216.239.32.10, 216.239.34.10, 216.239.36.10, 216.239.38.10.

whois cek ip website

Untuk mengetahui website lainnya cukuplah mudah dengan bantuan web tools yaitu whois, ketikan pada mesin pencarian untuk mencobanya dan temukan juga siapa pemilik ip address tersebut.

Melihat IP Address di perangkat Android

Perangkat mobile yang semakin canggih, dapat berperan seperti komputer yang memiliki fungsi lebih kompleks. Penasaran bagaimana mengecek alamat IP pada perangkat Android, yuk simak pembahasannya.

1. Melalui About Phone

Melihat alamat Ip addres dapat dilakukan dengan mengakses menu status smartphone kalian, di sana tersedia informasi lengkap seperti MAC Address, seri model, Nama perangkat dan banyak lainnya, berikut cara yang dapat dilakukan:

  1. Silakan Akses pengaturan >> Tentang ponsel / about phone >> Status

    melihat ip di android

2. Melalui Settingan Wifi yang Terhubung

Perangkat mobile yang terhubung dengan jaringan tanpa kabel wifi, biasanya telah mendapatkan ip secara otomatis dari layanan DHCP, untuk mengetahuinya mari ikuti langakah berikut:

  1. Silakan buka settings >> wifi >> dan lihat informasi di dalamnya
    Wifi view setting

3. Melalui Aplikasi Android

Ada beberapa aplikasi yang dapat kalian coba untuk mengetahui alamat ip, sebut saja what my ip, show my ip, Bagaimana tampilan dari kedua aplikasi tersebut, berikut gambar dokumentasinya.

aplikasi android network

Itulah Cara melihat  ip address kalian, dengan tingkat penggunaan internet yang kian meluas, konsep kerja pengalamatan pada perangkat menjadi lebih mudah untuk diketahui. Beberapa cara di atas dapat menjadi langkah pedomanmu untuk melakukan tugas ini, jadi apakah hal ini cukup membantu?

Baca juga: Memahami apa itu DNS (Domain Name Server) dengan Mudah

Tambahan

Cara untuk melihat IP address sebuah perangkat modem, wifi router dan lainnya yang memberikan layanan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) atau paket jaringan protokol yang memberikan pengalamatan secara otomatis, dapat diketahui saat ada perangkat yang terhubung dengannya.

Ip address juga dapat digunakan untuk mengetetahui lokasi seseorang sampai melacaknya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti ip tracker dan banyak lainnya.

Tinggalkan komentar