Cara Install VirtualBox di Windows 10 dan Menggunakannya

Bagaimana cara install virtualbox dengan mudah di windows 10? Berikut artikel panduan  ini akan memberikan jawabannya dengan tepat.

VirtualBox Adalah aplikasi virtual mesin yang dapat digunakan secara gratis dengan dukungan multi platform yang layak untuk dicoba.

Mesin Virtual dengan fitur dapat menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan, dukungan instalasi Software yang mudah, pengujian untuk sebuah program ataupun membuat cadangan pemulihan.

VirtualBox sendiri memiliki karakter lintas platform, artinya dapat diinstal pada komputer intel atau AMD dengan sistem operasi Windows, Mac OS, Linux dan Solaris OS. Pada kesempatan ini kita coba akan demokan bagaimana cara Install vm VirtualBox di Windows 10 dengan mudah.

Tutorial Cara Install VirtualBox

Sebelum melakukan proses penginstalan tentunya kita harus memiliki program aplikasinya, oleh karena itu silakan unduh terlebih dulu di halaman resminya, untuk lebih mudah klik pada link tautan berikut unduh oracle vm VirtualBox. Setelah itu mari kita mulai pada proses selanjutnya:

  1. Pilih file unduh untuk windows host, karena kita akan menginstalnya di windows 10

    Cara install virtualBox download aplikasi windows host
    Download virtualbox untuk windows
  2.  Kita buka hasil unduhannya, double klik atau klik kanan run as adminitrastor

    Cara install virtualBox diwindows 10 run as administrator
    Proses Instalasi akan dimulai
  3. Muncul popup proses instalasi, di sini kita pilih Next

    Cara install virtualBox di windows 10 pilih next
    Pilih next
  4. Jendela pengaturan fitur dan lokasi penyimpanan ditampilkan, untuk fitur disarankan jangan di rubah namun lokasi penyimpanan dapat kalian rubah sesuai kebutuhan, klik next

    Cara install virtualBox di windows 10 location
    Tampilan fitur dan lokasi penyimpanan
  5. Pemilihan Custom setup, ceklis berarti fitur tersebut diizinkan dan begitu sebaliknya jika menghilangkannya, di sarankan biarkan semua terceklis

    Cara install virtualBox di windows 10 custum setup
    Setup custum  feature
  6. Tampilan warning notifikasi Network Interfaces, hal tersebut hanya memastikan kepada pengguna saat menginstal aplikasi Virtualbox dapat merubah file tempolari dari Network pada perangkat, silakan pilih yes untuk melanjutkan

    network warning virtualbox
    notifikasi network interfaces warning
  7. Proses Instalasi dimulai  jika ada yang masih ingin di rubah pilih kembali dan batalkan untuk tidak memprosesnya

    proses install virtualbox dimulai
    Siap Di instal
  8. Indikator status tunggu untuk proses instalasi ditampilkan, silakan ditunggu

    Cara install virtualBox di windows 10 indikator instalasi
    loading proses instalasi
  9. Pada pertengahan proses akan muncul popup Software device, silakan izinkan dengan menceklis dan instal

    popup software instalasi
    popup Driver instalasi
  10. Dan Proses instalasi selesai, dengan munculnya tampilan finish

    proses install virtualbox selesai
    proses instal virtualbox selesai

jika proses itu di ikuti secara bertahap dan sesuai, proses instalasi akan berhasil jadi jangan sampai ada yang terlewat ya.

Baca juga: Apa itu Virtual Reality (VR)? sejarah, jenis dan perbedaannya

Tips Menggunakan VirtualBox

Selanjutnya, sedikit tambahan bagaimana cara mengetahui setiap fitur dan tool yang di sajikan oleh mesin virtual ini berdasarkan pengalaman dan pembahasan penulis.

Tampilan Depan vm Virtualbox

tampilan virtualbox
Tampilan depan mesin virtualbox

Pada halaman depan kita akan menemukan menu bar dari file yang memuat perintah tambahan lainnya.  Machine untuk memanejemen virtual mesin baik itu membuat atau membuka proyek yang telah dibuat. Dan help sebagai interaksi pengguna seperti pelaporan bug ataupun forum tanya jawab.

Pada icon yang tampil menu preferences menghadirkan beberapa pengaturan tools seperti: pengaturan bahasa, penambahan network virtual, ekstensi, proxy, tombol kombinasi shortcut dan tampilan display yang digunakan.

Impor dan ekspor seperti fungsi pada aplikasi lainnya untuk memasukan file dan melanjutkan proyek atau mengirim filenya menjadi ekstensi tertentu. Dan untuk New serta add sama halnya pada menu machine yang telah kita ketahui sebelumnya untuk membuat proyek mesin atau meneruskannya.

Menambahkan Network Virtual

Virtual Network berguna sebagai adaptor jaringan pada mesin virtual, dimana pada perangkat komputer asli pada umumnya terdapat LAN CARD atau Onboard Network yang berperan sebagai konektivitas dan berbagai informasi.

Adanya virtual network adaptor juga kita dapat menghubungkan sistem mesin virtual dengan komputer utama dengan memberikan fungsi Bridge atau NAT (Network Address Translation) pada jenis adaptor.

untuk menambahkannya cukup mudah, pilih preferences > network > klik icon + untuk menambahkan network adaptor baru , boleh lihat gambar di bawah agar memahaminya. Begitu untuk menghapusnya hanya mengalihkan pemilihan icon X pada network yang dipilih

add network virtual
Menambahkan network adapater

Untuk mengecek apakah langkah berhasil atau tidak, dapat dicek pada network koneksi pada komputer dimana ada tambahan Driver network dari Virtualbox, lihat pada gambar di bawah lebih jelasnya.

virtualbox network
Virtualbox network berhasil ditambahkan

Membuat Mesin Virtual Pertama

Sekarang kita coba untuk membuat mesin pertama, caranya cukup mudah, berikut langkahnya:

    1. Silakan pilih New pada icon atau dengan pergi ke menu machine > new
    2. Beri nama untuk Virtual Machine yang akan dibuat, pilih jenis sistem operasinya seperti windows 10 dan tentukan lokasi penyimpanannya

      membuat mesin pertamaku
      membuat mesin pertamaku
    3. Menentukan Memori RAMnya, silakan geser untuk menambah dan mengurangi alokasinya, namun perlu diingat jangan melebihi area warna hijau karena hal itu batas maksimal dimana keseluruhan RAM pada komputer yang direkomendasikan. Jadi jika digunakan secara maksimal memori akan penuh dan tidak bisa memproses jendela aplikasi yang lain.

      Alokasi Ram virtualbox
      menentukan alokasi RAM
    4. Membuat Virtual Hardisk, klik create untuk penyimpanan fresh atau dapat menambahkan file .vhd jika memiliki histori pada Hardisk Virtual dengan memilih use exiting dan arahkan ke lokasi file .vhd tersebut

      membuat virtual hardisk
      membuat Virtual hardisk
    5. Menentukan Virtualbox Machine yang akan dilakukan untuk melakukan proses, silakan pilih disk image untuk  instalasi dengan file yang telah di pack menjadi .iso

      vdi disk virtual machine
      memilih Virtualbox disk image
    6. Selanjutnya memilih tipe penyimpanan dynamically untuk alokasi yang dapat menyesuaikan aktivitas storage pada Virtual machine atau fixed  size dengan batas pasti pada alokasi hardisk.

      dynamic hardsik virtualbox
      dynamic Hardsik Virtualbox
    7. Menentukan alokasi penyimpanan hardisk dan lokasi penyimpanannya

      alokasi hardisk
      Menentukan alokasi hardisk
    8. Mesin Virtual Berhasil dibuat,
    9. Selanjutnya memasukan installer windows ke Virtual machine yang telah dibuat dengan, klik pada mesin Virtualnya > settings >Storage > sata port > arahkan pada installer yang telah dibuat dengan format .iso dan ok

      isntaller
    10. Tambahkan juga network adapter seperti cara yang telah dibahas sebelumnya, selesai
    11. Jalankan Mesin Virtual dan nikmati proses instalasinya.

Baca juga: 15 Mempercepat windows 10 lemot dengan maksimal

Virtualbox sering digunakan untuk menginstall sistem operasi Linux misalnya Ubuntu, Debian, Mint, maupun Kali Linux serta dukungan sistem operasi lainnya seperti keluarga Windows .

Itulah pembahasan kita mengenai bagaimana cara install Virtualbox di windows 10 dan menggunakannya dengan mudah. Virtual machine sendiri menjadi jawaban atas penekanan biaya yang murah dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Mengenal lebih lanjut dapat kalian ketahui pada artikel apa itu Virtual Machine ,semoga dapat membantu.

Tinggalkan komentar