Cara Install Aplikasi di Laptop Windows 10 Mudah

Bagaimana cara  install aplikasi di Laptop windows 10? Artikel berikut akan memandu kamu bagaimana cara mendownload aplikasi di Laptop dan menginstallnya.

Aplikasi laptop sendiri merupakan program tambahan pada sistem operasi untuk mendapatkan fitur kinerja yang lebih dan spesifik.

Seperti yang diketahui pada umumnya Windows 10  telah menyediakan beberapa aplikasi bawaan seperti paint, sniping tool, microsoft edge, Media player movie and TV, Kalkulator, Kalender, Kamera, mail, maps, sticky note dan banyak lainnya.

Sayangnya kebanyakan aplikasi bawaan yang disajikan jarang digunakan oleh pengguna, alasannya ada pembanding  yang lebih keren, misalnya orang lebih senang menggunakan aplikasi browser Chrome atau Firefox di bandingkan Microsoft edge.

Proses penginstalan sebenarnya dapat dilakukan pada windows store seperti memasang aplikasi Android di Playstore, tapi aplikasi yang ingin dipasang tidak selalu tersedia. Oleh karenanya proses penginstalan cara lain kerap menjadi pilihan.

Baca juga: Cara install aplikasi zoom di Laptop windows 10

Cara Install Aplikasi di Laptop Windows 10

  1. Siapkan Aplikasi yang akan dipasang,
  2.  Double klik dua kali pada aplikasi tersebut atau klik kanan >> Run as Administrator untuk opsi akses Full admin, kita akan coba demokan install adobe pdf

    Install aplikasi di laptop
    proses pemasangan aplikasi
  3. Selanjutnya kita dapat mengikuti instruksi yang diberikan, seperti menanyakan penyimpanan lokasi installer, dan shorcut desktop, beberapa aplikasi telah merekomendasikan hal itu jadi cukup pilih tombol ok atau yes. Tunggu proses sampai selesai.
    install aplikasi di laptop adobe pdf
    proses instalasi loading

    4. Selesai, Aplikasi dapat digunakan

    adobe pdf view
    adobe pdf view

Perhatikan! Sebelum Install Aplikasi di Laptop

Berdasarkan pengalaman penulis ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan dan diketahui dalam menginstall aplikasi laptop.

Spesifikasi Hardware dan Sistem Operasi

Sebelum memasang aplikasi pada di Laptop atau komputer, hendaknya memperhatikan kapasitas dari hardware pada perangkat seperti Prosesor, RAM, dan Dukungan grafik, hal itu guna mendapatkan performa yang diinginkan pada interaksi pengguna dengan aplikasi.

Selain itu dukungan sistem Aplikasi harus diperhatikan juga, karena beberapa ada yang kompatibel dan juga tidak, pada beberapa seri sistem operasi.

Untuk mengecek informasi tersebut pada Laptop Windows 10 dapat dicek di directX, caranya tekan Windows + R >> Ketikan “dxdiag” >> ok/enter.

hardware info
direct X windows

Sistem Operasi X64 dan X86 (32) Bit

Mengacu pada sistem operasi, prosesor dan set instruksi yang digunakan, pemilihan dua seri bit tersebut dilakukan saat penginstalan sistem operasi.

Set sistem operasi  X64 bit dapat menjalankan aplikasi versi yang sama dan versi x32 bit. Namun set sistem operasi X32 bit hanya mampu menjalankan seri 32 bit tidak dapat memasang aplikasi 64 bit.

Baca juga: Cara install Virtualbox di Windows 10 dan menggunakannya

Aplikasi Online dan Offline

Aplikasi dapat terpasang pada perangkat dengan dua opsi, offline atau online mode. Ukuran file aplikasi offline biasanya lebih besar dengan proses penginstalan tidak perlu memerlukan konektivitas internet.

Sedangkan ukuran file installer online mode lebih kecil dimana sisa file akan di download saat terhubung ke internet.

Aplikasi yang dipasang secara online biasanya dapat menyesuaikan dengan seri perangkat yang akan dipasangi aplikasi tersebut dan update seri terbaru. kekurangannya memang perlu akses internet untuk melakukan tugas tersebut.

Lokasi Installer

Pemilihan lokasi pemasangan aplikasi tidak harus selalu berada di drive C, drive D dan yang tersedia lainnya dapat digunakan untuk menyimpan file installer dari aplikasi. Hal ini sangat berguna saat Drive C sudah penuh sehingga tidak dapat menampung aplikasi tambahan.

cara instal aplikasi location
lokasi pemasangan aplikasi

ShortCut Desktop

Ada aplikasi yang menawarkan Opsi untuk ditambahkan iconnya pada halaman desktop dengan memberikan pilihan tersebut namun ada juga yang secara otomatis terpasang setelah proses penginstalan selesai.

Jadi saat proses penginstalan selesai jangan kaget kalau aplikasi tidak ada di desktop, mungkin kamu lupa mengaktifkan fitur shortcut pada saat instalasi.

shortcut
Pengaturan shortcut view on desktop

Cara download Aplikasi di Laptop windows 10

Selain windows store yang telah kita singgung sebelumnya, beberapa penyedia berikut ini dapat menjadi referensi bagi kamu untuk mendapatkan aplikasi yang kamu inginkan:

Download Dari Web Pengembang Aplikasi

Pengguna dapat mendownload dari pengembangnya langsung kita dapat memastikan bahwa aplikasi tersebut aman, sesuai dengan fitur yang diberikan dan lisensi yang sah.

Contoh mendownload aplikasi video pemutaran yang memiliki web pengembang seperti VLC, Chorme browser, Firefox, Adobe Cloud, OBS Studio, atau mendownload aplikasi whatsapp versi web dan banyak lainnya.

vlc download
VLC media player web installer

Dapatkan Dari penyedia Web Khusus

Terdapat beberapa halaman web yang menyediakan aplikasi seperti File Horse, File Hippo, Get In to PC, Utorrent dan lainnya.

Penulis sendiri sering mendownload di halaman web get in to PC di sana tersedia banyak aplikasi khusus windows yang berjalan bukan abal-abal selama ini menggunakannya, namun disajikan dengan bahasa inggris.

get in to pc
get in to pc web downloader

Bonus Cara Uninstall Aplikasi di Laptop win 10

Proses pencopotan aplikasi dapat dilakukan juga dengan mudah berdasarkan pengalaman penulis, berikut langkah yang dapat kalian ikuti:

  1. Cara pertama dapat mengklik icon windows di pojok kiri bawah >> arahkan pada aplikasi yang akan dicopot >> klik kanan Uninstall.

    cara install aplikasi proses unlinstal
    proses uninstall di windows 10
  2.  Cara kedua dapat dilakukan pada panel dengan cara, masuk ke control panel >> uninstall a program >> pilih aplikasi yang akan dicopot >> Uninstall

    uninstal aplikasi control panel
    proses uninstall diwindows 10 via control panel

Nah itulah proses bagaimana cara install aplikasi di Laptop windows 10, pengalaman menarik lainnya seperti memasang aplikasi Android di Laptop dengan aplikasi memu atau bluestack.  Size atau ukuran aplikasi utiliti akan lebih kecil dari pada mendownload aplikasi game, sehingga waktu tunggu menjadi lebih cepat.

Tinggalkan komentar