Cara membuat Bootable Windows 10 & iso file Original Microsoft

Menemukan Disk image sistem operasi windows 10 original di internet bisa dibilang susah-susah gampang,  file yang bertebaran tidak jarang sudah di manipulasi dengan program ilegal untuk mendapatkan aktivasi penuh, alhasil proses bootable windows 10 di lakukan beberapa kali karena terkadang paket filenya crash.

Bagi sebagian orang mendapatkan disk image yang sudah terpasang full aktivasi menjadi kelebihan tersendiri, namun bagi sebagiannya akan sangat mengganggu terlebih telah memiliki lisensi dan tidak direkomendasikan untuk kepentingan perusahaan.

Upaya pemasangan sistem operasi windows original, dapat dilakukan dengan mudah dengan tool yang telah disediakan oleh pengembangnya langsung yaitu microsoft.

Bootable Windows 10 dengan Media Creation Tools

Website resmi pada microsoft telah menjelaskan bagaimana cara mendapatkan disk image windows 10 yang original, tentu itu bukan dari proses download secara langsung karena tidak tersedia malah tombol update yang akan kamu temui.

petunjuknya memberitahukan penguna dengan menggunakan Media creation tools untuk mendapatkan file image windows 10 original dari microsoft secara langsung, berikut bagaimana cara mendapatkannya:

1. Siapkan perangkat yang telah terpasang sistem operasi windows 10 sebelumnya, flashdisk 8 GB untuk membuat bootablenya atau space hardisk kosong untuk menyimpan iso filenya.

2. Download Aplikasi MediaCreationTools di halaman download microsoft , scroll ke bawah dan klik download tool now, aplikasi create media tool windows 10 siap digunakan.

3. Jalankan aplikasi Media Creation Tool, pada tampilan awal pengguna akan dengan arsitektur yang tersedia, dapat mengaktifkan ceklist pada box  use the recomended option for this pcuntuk mendapatkan pengaturan sistem yang sama dengan perangkat yang digunakan.

bootable windows 10

4. Selanjutnya, ada tampilan term aplikasi silahkan accept untuk menyetujui dan melanjutkannya.

windows 10 iso 1

5. Selanjutnya, pada tampilan apa yang ingin kamu lakukan, pilih opsi kedua yaitu Create Installation media (USB Flash Drive, DVD, or Iso File)

windows bootable 2

6. Terdapat pilihan media yang akan digunakan, use flash drive untuk membuat bootable langsung ke flasdik dan Iso File untuk membuat file disk image iso ke penyimpanan yang telah ditentukan

windows 10 bootable 3

7.  Membuat bootable secara langsung, tunggu proses download file dari sistem perangkat yang di gunakan sampai selesai

windows 10 bootable 4

8. Jika terdapat file pada flashdisk, maka sistem akan memintanya untuk menghapusnya , jadi jika ada file penting sebaiknya di pindahkan terlebih dahulu.

windows 10 bootable 5

9. Proses di lanjutnya dengan membuat installer windows ke flashdisk atau windows 10 bootable usb, tunggu proses sampai selesai, lihat file terbaru pada flashdisk yang telah di bootable

windows 10 bootable 6

10. Jika menginginkan file iso, pada pilihan media pilih choose iso file

iso file windows 10

11. Selanjutnya menentukan folder penyimpanan dan mengisi meta data file untuk di simpan

metadata iso file windows 10

12. Tunggu proses penyiapan file sampai selesai

proses akhir iso file windows

13. Selamat, sekarang kamu memiliki bootable windows 10 original dan file disk image  isonya.

Baca juga: Cara Merekam Layar Desktop Windows 10 tanpa Aplikasi Tambahan

Penggunaan Media Creation Tools dapat membantu proses pemasangan sistem operasi yang lebih cepat, karena pengaturan pada perangkat sebelumnya dapat di ambil sehingga penyesuaian tidak akan terlalu lama.

Microsoft memberikan jawaban kepada para penggunanya ketika menemukan kebuntuan bagaimana mendapatkan file mentah dari sistem operasi yang ingin di pasang ke perangkat lain dengan mudah.

Terkendala atau menemukan permasalah asing dalam prosesnya? jangan sungkan untuk melihat dukumentasi pada layana microsoft support

Penggunaan software original cukup banyak di sadari sebagai langkah tepat dalam mendukung segala aktivitas komputerisasi tanpa takut ada file berbahaya meneyerang, seperti ransomeware yang akan mengunci file media seperti gambar, dokumen, video atau lainnya, ataupun virus yang dapat membuat sistem berjalan menjadi tidak normal bahkan crash.

rufus windows 10 menjadi alternatif untuk membuat bootable dari iso file yang merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk membuat disk image iso menjadi instaler pada flashdisk langsung.

Dapatkan rufus secara gratis dengan dukungan file size yang kecil tidak akan menimbulkan masalah saat di pasang, terlebih mudah dalam penggunaan, akan sangat cocok bagi para pengguna awal dalam beradaptasi.

Berjalan lebih jauh dengan menemukan bacaan menarik lainnya seperti menemukan cara mernarik dalam merekam layar desktop windows 10 tanpa aplikasi tambahan atau merubah bahasa sistem windows 10 ke bahasa indonesia.

apakah tips ini dapat membantu harimu menjadi lebih menyenangkan?

Satu pemikiran pada “Cara membuat Bootable Windows 10 & iso file Original Microsoft”

Tinggalkan komentar