8 Bahaya Klik Link Tautan Sembarangan dan Mengatasinya

Perlu di ingat tak ada sistem yang 100% aman, semua memiliki celah yang dapat dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab, oleh karena itu cukup bahaya klik link tautan sembarangan.

Apa yang mungkin saja terjadi dari sebuah link aktif yang dibumbui bagi anda? sebut saja Pencurian data, Malware, Virus, Ransomeware dan mungkin yang paling buruk dapat menguras isi rekening ATM.

Beberapa praktisi tak bertanggung jawab terkadang memanfaatkan link tautan, untuk menanam data mereka yang sering dikenal dengan penambang crytocurency. Hal itu dapat menghabiskan setengah fungsi dari perangkat device anda bahkan mungkin menyeluruh.

Apa saja bahaya klik link sembarangan yang mengecoh, berikut pembahasan selengkapnya.

1. Bahaya Klik Link tautan sembarangan Di Whatsapp

Platform Whatsapp dengan banyak pengguna menjadi sasaran empuk, apalagi link yang dapat dibagikan antar pengguna merupakan link aktif atau link yang bisa klik untuk mengetahui informasi didalamnya.

Beberapa peneliti mengungkapkan celah keamanan pada whatsapp terjadi akibat link tautan tertentu dan melalui pesan teks, proses penyadapan dapat dilakukan, karena link dapat diarahkan ke mana saja.

Penyadapan ini akan berdampak pada kerahasiaan percakapan yang kamu lakukan di ponsel via whatsapp. Informasi yang seharusnya Private dapat disalahgunakan dan berubah menjadi informasi Publik.

Mengapa hal ini bisa terjadi, mungkin saja anda pernah tertarik dengan kontak yang menawarkan penawaran barang yang menyertakan link sumber sebagai rujukan produk tersebut dan mungkin tautan lainnya yang berpotensi besar akan hal itu .

Baca juga: Rahasia aman share link di facebook tanpa block & Spam

2. Bahaya Klik Link tautan Web yang tidak dikenal

Web sendiri sudah menjadi lahan yang sangat subur untuk melancarkan kepentingan sepihak dan dapat merugikan sebagian pengguna.

Impres yang banyak dan pengguna dari berbagai negara, membuat para praktisi tak bertanggung jawab senang bermain di sini. Ada banyak sekali tindakan yang merugikan, dengan cara gate atau gerbang awal dari sebuah link.

Apa saja itu?, berikut beberapa hal yang dapat terjadi saat mengklik link sembarangan di halaman web.

3. Push Notif Iklan Berkonten Negatif

Beberapa pengguna telah mengalami hal yang beda dalam perangkat mereka, di mana iklan yang terus muncul dan bernuansa konten tidak sesuai. 

Hal ini terjadi karena ada beberapa penyedia iklan yang memanfaatkan push notif untuk menyisipkan konten iklan tersebut. Tidak akan berhasil jika kamu berusaha menghapusnya dengan antivirus, karena sistem tidak akan menganggap demikian.

Hal ini bisa terjadi saat kamu mengunjungi situs yang tidak kredibel atau beberapa situs download terkadang menjalin kerja sama dengan penyedia iklan yang menerapkan push notif.

4. Tindakan Penipuan dan pemalsuan web Terkait

Apa jadinya saat anda penasaran dengan link yang belum jelas, maka kemungkinan besar dapat dialihkan menuju sebuah halaman web mirror.

Halaman web yang memiliki kemiripan yang sama dengan web besar namun jika lebih jeli memiliki nama domain yang beda dan mencurigakan, di sana anda terpengaruh dengan hadiah uang tunai dan produk lainnya.

Lalu anda diharuskan mentrasfer sekian juta sebagai persyaratan administrasi dan lainnya dan tahu sendiri hasil akhirnya bagaimana, semuanya hilang.

Selain adanya transfer uang beberapa situs terkait hanya mengharuskan cukup menautkan akun google atau facebook. jika anda tautan maka data dapat mudah diambil dan dimanipulasi oleh mereka.

5. Akses Akun Data Media Digital Terbobol

Menyambung dari kasus sebelumnya, proses penautan halaman web yang tidak kredibel dengan data digital seperti media sosial sangat rentan terjadi pengambil alihan akses password maupun profil dan rujukan.

Data dari yang terekam dapat disalahgunakan untuk tindakan yang merugikan mengatas namakan anda atau tindakan susila. Hal itu tentunya sangat merugikan dan dapat merusak citra diri anda.

Terlebih lagi jika mereka menggunakan data diri anda untuk keperluan komersial seperti peminjaman uang atau pengkreditan barang, yang tagihannya akan terus datang kepada alamat rumah anda.

6. Jaringan Koneksi Down

Akses link secara sembrono membuat data jaringan yang anda pakai dapat terpengaruh. Penanaman virus pada jaringan, Malware dan Ransomeware dapat berdampak pada perangkat yang terhubung dalam jaringan yang sama.

Gambaran saat Ransomeware menyerang, anda tidak dapat melakukan apapun. Perangkat terkunci dan syarat untuk membukanya anda harus membayar untuk dibukakan kembali, bagaimana jika data itu sangat penting bagi anda?

Hal lain terjadi seperti penanaman program yang tidak di izinkan hinggap pada device anda. Beberapa orang pernah mengalami komputer dengan spek tinggi, namun beberapa hari kemudian terasa berat dan setelah dilihat pada service yang berjalan.

Mencurigakan, ternyata program Mining tertanam dan menghabiskan setengah dari fungsi komputer tersebut.

7. Mengambil Alih Akses dan Memasukan Konten Negatif

Kasus ini pernah terjadi alami oleh beberapa orang, seperti yang terbaru terjadi pada pengguna Platform Zoom, di mana celah yang ditemukan yaitu melalui tautan link yang dibagikan, sehingga ruang virtual yang digunakan untuk diskusi internal dan rahasia dapat tersusupi, pengguna yang tidak diizinkan dan memasukan konten atau tampilan yang tidak dibenarkan.

8. Dapat Memacu Penilaian Sosial yang Salah

Tak hanya pengaruh terhadap diri pribadi, namun dapat berdampak pada orang lain. Akses konten dari link tautan yang tidak sah sering menambahkan bumbu kebohongan untuk mendapatkan empati dan simpati dari pengunjung.

Beberapa orang yang tergerak dan terpengaruh oleh informasi tersebut dapat melakukan aksi atas nama kemanusiaan terhadap subjek maupun lembaga instansi lain.

Contohnya pencemaran nama baik, pembulian dan lain-lain. Oleh karena itu jangan mudah terpengaruh oleh sumber yang belum jelas silakan coba cari referensi lain yang sesuai.

Bagaimana Mengetahui Link Tidak sah

Mengetahui tautan link tidak sah memang tidak mudah, namun ada beberapa langkah pencegahan yang dapat kalian perhatikan diantaranya:

  1. Perhatikan dari mana sumber link tersebut
  2. Jika merujuk  instansi atau lembaga, biasanya memuat link nama perusahaan tersebut dengan dengan jenis domain profesional seperti .com, .id, .gov, contohnya sekolah.com dan lainnya.
  3. jika mencurigai silakan cek link di https://transparencyreport.google.com/safe-browsing/search?url= , di mana google akan memberitahukan link yang tidak aman.
  4. Jika sudah terlanjur mengklik link tautan lalu mencurigainya, segera hentikan aktivitas anda di halaman tersebut dengan menutup jendelanya.
  5. Gunakan keamanan verifikasi dua langkah terhadap akun media sosial kamu, beberapa sudah mendukung akan hal ini
  6. Selalu lakukan pembaharuan sistem operasi ke versi terbaru
  7. Gunakan antivirus berlisensi untuk menghindari akses yang tidak dinginkan.
  8. Jangan mudah mengklik tombol donwload pada halaman downloader karena ke banyak mengecoh dan jangan mengizinkan notifikasi jika terlanjur mengkliknya.
  9. Pasang Software keamanan jaringan pada komputer server seperti mengaktifkan firewall.

Baca juga: 8 Kebiasaan & Alasan Akun Digital mudah di Hack/Retas

Kesimpulan

Kejahatan Cyber bisa saja terjadi dengan pintu masuk yang beragam bisa dengan aplikasi, atau tautan resmi sekalipun, contohnya seperti jangan buka link kuota gratis dari sumber yang tidak sah.

Pencegahan pengguna dengan memperhatikan bagaimana sumber rujukan, untuk mengatasi bahaya klik link sembarangan. Itulah mengenai bahaya klik link secara sembarang, bagaimana pendapatmu?

Tinggalkan komentar