Apa itu Virtual? Pengertian, Contoh dan Fungsinya

Virtual adalah Sesuatu yang tak nyata (maya) dan dapat dimanipulasikan. Rekayasa yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dan menyederhanakan kinerja pengembangan teknologi sistem informasi.

Teknologi informasi kerap kali mewarnai aspek kehidupan, seperti perbankan yang mengenal arti virtual account sebagai salah satu metode transaksi pembayaran. Contoh tersebut merupakan perwakilan istilah yang kerap kita dengar, dari beberapa contoh lainnya.

Penasaran seperti apa penjelasan selengkapnya?. Tenang kami akan sajikan pembahasan artikel mengenai replika dalam teknologi yang ingin kalian ketahui. Baik itu penjelasan apa, fungsi, contoh dan tambahan menarik lainnya.

Apa itu Virtual ?

Tiruan atau Replika digital yang cukup mirip terhadap sesuatu yang nyata. Tiruan aset yang dibuat oleh perangkat lunak komputer walaupun tidak bisa dikatakan 100% kemiripan dan fungsionalnya, namun cukup mewakili interpretasi digitalnya. Jika kita contohkan dalam konteks kehidupan nyata,  dapat digambarkan seperti otak manusia di mana pemikiran berperan sebagai terjemahan fungsi dari otak, yang dapat dianggap sebagai implementasi virtualisasi.

Tujuan utama penggunaan virtualiasasi dalam teknologi informasi adalah memangkas penggunaan terhadap sumber daya utama agar lebih efisien dan penekanan biaya yang murah.

Manfaat infrastruktur yang tersedia serta dapat memanipulasikan sebagian fungsinya untuk sesuatu hal yang baru, menjadi jawaban dari permasalahan pengembangan teknologi yang kerap kali terhambat olehnya.

Contoh Teknologi Virtual

Ada beberapa kata istilah yang sering  terdengar, hal itu dapat kita jadikan contoh penerapan teknologi replika seperti apa?, berikut adalah kata yang mengandung virtual dan penjelasannya.

Virtual Account

Virtual account adalah Rekening buatan yang berisi informasi ID pelanggan yang dibuat oleh pihak bank berdasarkan permintaan perusahaan atau perorangan untuk tujuan bertransaksi. Akun yang berisi kombinasi nomor yang unik artinya tidak ada kesamaan antar pengguna dan kamu dapat mengaturnya sesuai kebutuhan. Contoh Bank yang mendukung hal ini seperti BCA, BNI dan banyak lainnya

Virtual Machine

Replika mesin adalah Program komputer seperti sistem operasi, perangkat lunak yang dapat meniru perangkat keras dan menjalankan fungsi serta tugas programnya. Virtualisasi mesin sangat berguna saat kamu menguji coba sebuah sistem operasi, instal atau memperbaharuinya tanpa mengganggu fungsi perangkat utama.

selain itu rekayasa komunikasi jaringan dapat dilakukan antar sistem mesin rekayasa dengan sistem utama, contohnya VirtulBox dan VMware. Kenali lebih dalam apa itu virtualbox dan Vmware yang menjadi 8 software virtual machine populer

Virtual Server

Komputer server yang berbagi sumber daya baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat Lunak (software). Setiap replika server ditetapkan sebagai Sistem operasi terpisah dengan keamanan dan kata sandi secara khusus. Contohnya dapat kamu temukan pada penyedia web hosting seperti VPS (Virtual Private Sever).

Virtual Desktop

virtualisasi desktop jarak jauh yang memberikan pengalaman penggunaan aplikasi terkelola yang berlisensi tanpa harus membelinya. Dapat diakses  oleh pengguna secara pribadi melalui koneksi jaringan internet. Contohnya seperti windows virtual desktop (WVD) yang menyediakan aplikasi modern dan dipadukan dengan Office 365 pro plus.

Virtual Assistant

Software yang dapat melakukan tugas dan layanan untuk kepentingan pribadi. Berperan bagai asisten pribadi yang melayani dan memberikan jawaban terbaik saat diperlukan. Keterkaitan dengan replika agen yang memiliki konsep chatboot. contohnya seperti google asistant yang tersedia pada perangkat android, siri untuk IOS dan Cortana pada perangkat windows.

Virtual Classroom

Apa itu virtual kelas? merupakan Replika lingkungan pembelajaran secara Digital. Artinya siswa tidak harus bertemu langsung dengan guru di dalam kelas untuk melangsungkan proses belajar mengajar, mereka dapat berinteraksi dalam kelas maya yang memiliki tujuan pembelajaran yang sama dengan kelas tradisional. Contohnya seperti Edmodo, Google Classroom, dan lainnya

Virtual Storage

Apa itu virtual memory? merupakan penyimpanan data dalam lingkungan virtualisasi sebagai gambaran antar pengguna dan perangkat keras penyimpanan yang sebenarnya. contohnya seperti memori sering dikaitkannya dengan hal ini, namun kemunculan teknologi awan dapat menjadi implementasi yang sangat jelas.

Baca juga : Cara install VirtualBox di Windows 10 dan Menggunakannya

Virtual Reality

apa itu virtual reality? merupakan Gambaran lingkungan 3 dimensi dibuat oleh komputer yang dapat dijelajahi dan melakukan interaksi di dalamnya. Penggunaan Rekayasa lingkungan kehidupan ini dapat kita temukan pada alat VR yang seolah-olah membawa kita pada lingkungan yang ditampilkan dan beraktivitas di dalamnya padahal sebenarnya itu hanya rekayasa buatan . Contoh lain Goolge maps yang memberikan informasi rekayasa lalu lintas.

kenali lebih lanjut tentang apa itu virtual reality dan augmented reality yang memiliki hubungan erat.

Virtual Meeting

Apa itu virtual meeting? merupakan pertemuan yang dilakukan secara daring dengan menggunakan platform pendukung seperti zoom, google meet dan aplikasi lainnya. Memungkinkan para peserta meeting tidak harus bertemu dalam tempat yang sama secara langsung, namun dapat dilakukan di mana saja secara online pada ruang virtual yang telah dibuat dan menjadi tamu undangan sebelumnya.

Virtual Private Network (VPN)

VPN adalah akses sumber daya lalu lintas jaringan lokal yang dapat diakses dari jarak jauh dengan aman. koneksi dapat dilakukan melalui jaringan internet serta dapat membuka web terbatas pada wilayah tersebut. misalnya jika di Indonesia web ini di blokir, dengan menggunakan VPN dari negara lain kita dapat mengaksesnya. hal itu terjadi karena dengan VPN dapat merubah informasi  IP Address akses perangkat. contohnya aplikasi Openvpn, TurboVPN, TochVPN dan lainnya.

VirtualHost

Penyedia layanan web dalam fungsi server dan jaringan internet. Menyewa akses host pada tuan rumah jika kamu ingin memiliki domain, hosting dan lainnya, tanpa perlu repot-repot mengurus server dan infrastruktur pendukung lainnya. Contohnya penyedia domain, hosting server hostinger, Name Cheap dan lainnya.

Fungsi 

Fungsi dari teknologi replika sendiri telah kita singgung sebelumnya, dengan segudang penggunaan yang mendukung hal lain. Teknologi ini tentu dapat diperhitungkan, lebih lengkapnya teruraikan dalam beberapa poin pembahasan utama, berikut ulasannya:

  1. Mengoptimalkan fungsi sumber daya dan mengurangi beban kerjanya.
  2. Mengontrol Sumber daya dengan cepat
  3. Memberikan gambaran rekayasa yang mirip  dan cocok sebagai trial atau uji coba  sebelum mengimplementasikan pada perangkat sebenarnya contohnya
  4. Mengurangi biaya pembangunan dan pengembangan sistem informasi Teknologi.
  5. Dapat berperan sebagai penampungan data sementara yang cukup optimal
  6. Membangun interaksi Pengguna tanpa harus bertatap muka.
  7. Manipulasi User ID agar dapat melakukan transaksi dengan otomatis.
  8. Membuat interaksi yang lebih bervariasi dengan sebuah Platform.
  9. Memberikan Akses jarak jauh yang aman dan menampilkan informasi yang sebenarnya contohnya VPN
  10. Sebagai media hiburan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang menakjubkan

Kekurangan

Ada beberapa kekurangan dari teknologi replika ini, seperti:

  1. Perlu perangkat tambahan dan kombinasi bahasa komputer yang cukup rumit
  2. Tidak bisa berharap mendapatkan fungsional yang serupa
  3. Memakan  alokasi spek yang cukup besar dalam penerapannya pada komputer utama.

Baca juga: apa itu mobile dalam pemahaman Teknologi

Kesimpulan

Virtual artinya maya dimana Teknologi Rekayasa menjadi Replika digital yang dibuat perangkat lunak komputer terhadap sesuatu yang nyata. Beberapa penggunaan teknologi replika dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi dari sumber daya utama dan menekan biaya pengembangan agar lebih murah.

Ada banyak sekali penerapan teknologinya ini seperti virtual account, machine,  server, desktop, reality dan masih banyak lainnya. Semoga dapat menjadi referensi atas pertanyaan yang ingin kamu ketahui.

2 pemikiran pada “Apa itu Virtual? Pengertian, Contoh dan Fungsinya”

  1. Halo saya Endrifa Claudio…
    Apakah saya boleh meminta sumber atau jurnal yang menjelaskan tentang Point apa itu virtual beserta Contohnya?
    Saya sangat membutuhkan Jurnal tersebut untuk bahan skripsi saya. Dimohon bantuannya.
    Terima Kasih

    Balas

Tinggalkan komentar