Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Apa Itu Nearpod & Tutorial Menggunakannya

1 min read

apa itu nearpod

Nearpod adalah salah satu platform ruang pembelajaran yang menghadirkan interaksi siswa dengan guru yang cukup berbeda. Pertemuan dalam ruang virtual, dimana pengajar dapat membuat sebuah presentasi yang berisikan gambar, teks, video, bahkan kuis untuk dimainkan bersama.

Terhubung dengan platform, siswa dapat bergabung menggunakan kode kelas yang diberikan oleh guru. Tak usah risau bagaimana uang sewanya, karena nearpod sepenuhnya gratis. Batasan dari fitur tambahan bisa didapatkan dengan keanggotaan emas (berbayar).

Siswa tidak harus membuat akun untuk bergabung, berikan saja kode atau link kepada mereka. Memangkas permasalah data pengguna yang cukup sensitif dan dapat digabungkan dengan platfom LMS (Lerning Manajemen System) seperti Canvas, Google Class Room, Schoology dengan menempelkan kode untuk bergabung ke nearpod.

Memulai pembelajaran dengan nearpod akan membawa suasana yang lebih menyenangkan dan berbeda dari yang lainnya. Bagaimana memulainya, berikut pembahasan selengkapnya.

Membuat Akun Nearpod untuk Guru / Pengajar

Nearpod menyediakan 3 role akun yang berbeda, seperti student, teacher, dan administrator. Akun student digunakan oleh siswa untuk ikut serta dikelas virtual walau tanpa akun registrasi masih bisa bergabung.

Akun Teacher atau guru memiliki akses untuk membuat lesson atau modul kelas yang akan dilaksanakan, dan administrator lebih pada kontrolel fungsi yang lebih mendalam. Kita akan mulai bagaimana membuat akun di nearpod.

1. Langkah pertama, Akses halaman web nearpod.com

2.  Pilih Sign up for teacher, untuk mendaftar keanggotaan guru di nearpod.

membuat akun nearpod

3. Proses registrasi dapat dilakukan dengan menghubungkan akun google atau mengisi form isian data yang terlampir.

Nearpod sigup

4. Proses registrasi dengan akun google akan lebih mudah dan cepat, namun perlu persetujuan akses dari pemilik.

Buat akun nearpod

5. Selanjutnya, memilih role atau tipe akun yang akan dibuat, ada beberapa pilihan seperti student, instructural coach, liblary media spesialist dan kita pilih teacher.

Membuat akun nearpod

6. Proses registrasi selesai, jendela akan diarahkan ke halaman Beranda nearpod, dan diberikan instruksi awal penggunaan, silakan bisa diikuti.

demo nearpod

Membuat Lesson atau pembelajaran di nearpod

Bentuk pembelajaran yang dapat dibuat bisa seperti power point, yang ditambah dengan variasi interaksi yang lebih  mendalam. Menambahkan dan mengkombinasikan pembelajaran dengan quiz bisa dilakukan dalam satu slide, memulai dengan menekan tombol “+ New” untuk modul pertama.

1. klik ” New”, untuk membuat leasson baru.

buat lesson pertama

2. Pada pembuatan pelajaran baru, guru dapat membuat konsepnya bersama nerpod, google slide atau menampilkan video dan file tertentu.

3. Memilih Lesson in nearpod, pengajar dapat mendesain beberapa slide dengan elemen konten dan aktivitas pilihan.

lesson nearpod

4. Buat kombinasi pembelajaran dengan video, slide, sway, poling, mencocokan gambar yang benar, sampai meminta input tanda tangan siswa sebagai pembukaan dapat dilakukan.

membuat kombinasi materi nearpod

5. Jangan lupa simpan setelah selesai, dan beri nama serta keterangan tambahan seperti deskripsi, grades dan subjek

menyimpan lesson

6. Selanjutnya pada lesson yang telah dibuat, klik live dengan partisipan untuk memulainya, dan berikan kode kepada siswa untuk bergabung.

lesson kode

7. Proses virtual kelas berjalan, dan berhasil.

Integrasi dengan berbagai platform seperti microsoft teams, google classroom, sosial media dan video conference zoom memudahkan beberap proses dan akses. Tentu hal yang menarik dapat ditampilkan dengan kreatisfitas guru dalam membuat modul materinya seperti apa.

Mempunyai file presentasi power point? tenang kamu dapat menconvertnya langsung ke nearpod atau mencoba mengaitkan dengan youtube video untuk fitur yang lebih baru.

Pengalaman pribadi saat menggunakannya, yaitu dapat membangkitkan gairah belajar yang lebih menyenangkan. kekeruangannya, akses internet harus tersedia dan spek perangkat menengah sangat diperlukan.

Selain itu penilaian dalam kuis perebutkan podium tertinggi, tidak dapat akurat 100% karena bagusnya kualitas internet siswa sangat berpengaruh.

Perbedaan dengan kahoot dan quizizz adalah fitur gratis yang tidak terbatas dengan peserta yang ikut serta, dan kelebihan tersendiri lainnya.

Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *