Apa Itu Mobile ? Dalam Pemahaman Teknologi

Mobile adalah kosakata yang merujuk pada perangkat seluler baik bentuk dan implementasi terhadapnya. Sebenarnya apa itu Mobile secara mendalam?.

Kosakata ini sering digunakan beberapa orang, ada yang menautkannya dengan aktivitas manusia seperti kecakapan dalam bergerak dan lainnya berfokus pada teknologi.

Secara penggunaan tata bahasa dalam sehari-hari kita sering mendengarnya lebih mengarah pada aktivitas manusia maupun objeknya dalam bergerak dan berpindah. Contohnya seperti ” Pedagang itu sangat cekatan, pergerakannya mobile dalam melayani “.

Kata tersebut menunjukan Kemampuan bergerak dari seorang tukang bakso yang cepat, cekatan dan dapat menyelesaikan semua pesan pelanggannya.

Apa Itu Mobile 

Dunia teknologi mengenal mobile dengan beberapa arti dan penggunaannya juga, namun secara menyeluruh mengacu pada perangkat ponsel.

Ponsel yang memiliki fitur canggih layaknya seperti komputer yang dibuat dalam bentuk lebih sederhana seperti Smartphone, Tablet, dan Perangkat canggih yang dipakai di tubuh manusia (wearable).

Dahulu orang berkirim email harus menggunakan komputer, namun sekarang tugas tersebut dapat dilakukan oleh perangkat yang canggih.

Merekam dan menangkap Gambar harus menggunakan kamera khusus, sekarang dapat disederhanakan oleh perangkat jenis ini.

Selain mengacu pada perangkat ponsel, beberapa praktisi teknologi sering mengistilahkan kata dalam beberapa aktivitas mereka, berikut pembahasan lengkapnya.

Baca juga: Apa itu ekstensi file, fungsi dan contohnya

Mobile Friendly

Sering terdengar di dunia Teknologi cabang pengembang website, artinya sebuah frame atau layout dari halaman web dapat menyesuaikan bentuk perangkat yang lain, seperti ponsel atau table, istilah persamaannya sering dikenal dengan Responsif.

Untuk mengecek sebuah website mendukung hal ini adalah dengan cara membuka halaman tersebut di perangkat ponsel.

Jika tampilan dapat menyesuaikan layout ponsel maka dapat dikatakan mobile friendly, sedangkan saat dilihat seperti jendela Komputer berarti bukan.

Mobile Apps

Mobile apps adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk platform ponsel, baik itu sistem operasi android, Ios dan lainnya. Istilah tersebut sering terlontar pada pengembang aplikasi android maupun ios.

Penggunaan perangkat ponsel cerdas yang banyak,yang secara sederhana yaitu aplikasi untuk ponsel. Ada yang menarik dalam hal ini di mana developer app android kian banyak karena sifatnya yang opensoure dan murah.

Sedangkan untuk IOS masih jarang karena mahal dan penggunaan Ponsel Iphon yang tidak lebih dominan dari android.

Apa itu Mobile Computing 

Mobile Computing adalah Sebuah desain transmisi data informasi media lainnya tanpa menggunakan perambat fisik atau kabel.

Sering digunakan untuk menggambarkan proses pengambilan data serupa walaupun harus berpindah pada perangkat lainnya. Bisa diibaratkan seperti siaran televisi dapat dibuka di ponsel. Konsep tersebut memberikan perumpamaan data tersimpan di awan, yang dapat diambil kapan saja tanpa terhalang dengan alokasi pada perangkat tertentu.

Mobile Web

Penerapan pembangunan halaman web yang merujuk pada akses peramban seluler. Hal ini menjadi tantang bagi pengembang untuk dapat menyesuaikan fitur dan menu pada halaman web agar responsif. Saat ini perkembangan dan penyesuaian halaman web dukungan seluler terus diperhatikan.

Keluarnya istilah baru yaitu AMP atau Accelerated Mobile Page membuat penyesuaian tampilan makin ringan, namun kendalanya tak mudah menerapkannya.

Manfaat Menggunakan Teknologi Mobile

Karakteristik yang lebih efisien, dapat membantu kinerja dan menyelesaikan beberapa tugas, seperti:

  1. Dengan Bentukan yang simpel, mudah untuk dibawa kemana-mana
  2. Fitur canggih yang disajikan dapat mempermudah pekerjaan dan terselesaikan dengan cepat
  3. Daya dukung yang luar biasa, di mana banyaknya pengguna membuat para pengembang aplikasi berkontribusi dan menghasilkan varian fungsi yang banyak
  4. Dapat menjadi media Hiburan seperti bermain game, menonton video, atau Live streaming
  5. Konektivitas networking yang dipermudah tanpa perlu perangkat tambahan, cukup nyalakan data seluler.

Kelemahan

Pengguna akan menemukan beberapa kelemahan saat menggunakannya, apa saja itu berikut kekurangan yang sering ditemui:

  1. Sumber daya baterai tidak bertahan lama, menjadi masalah yang kerap ditemukan
  2. Penggunaan yang intens atau berlebihan sering kali membuat masalah seperti sedang berkendara.
  3. Karena banyaknya pengguna menjadi ladang pemanfaatan bagi pengembang yang jahat untuk meraup keuntungan seperti membuat aplikasi yang tidak ada valuenya tapi banyak konten iklannya.

Baca juga: Apa itu Virtual? pengertian, contoh dan Fungsinya

Kesimpulan

Penggunaan kata mobile dalam aktivitas sehari-hari maupun teknologi mempunyai inti yang sama, menggambarkan fungsional yang baik dan menyesuaikan dengan keadaan. Dalam teknologi lebih dikenal sebagai perangkat ponsel atau seluler.

Bagaimana apa rasa penasaranmu dapat terjawab di sini? silakan kirim komentarmu untuk melakukan diskusi .

Tinggalkan komentar