Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Apa itu Ekstensi File, Fungsi dan Contohnya

3 min read

apa itu extensi

Pengertian Ekstensi file adalah bagian dokumentasi data program terkomputerisasi yang mewakili fungsi dan deskripsi tujuan dalam pengembangannya. Saat membuka sebuah file, secara otomatis sistem akan menyajikannya dalam bentuk visual dengan bantuan sebuah program, sehingga pengguna tidak terlalu memperhatikan informasi lengkap dalam file dokumentasinya.

Saat membuka informasi detailnya, terdapat keterangan lengkap jenis file tersebut. Contohnya gambar dengan format jpg, png, atau gif, yang memiliki karakter yang berbeda.

Advertisements

Fungsi Ekstensi

Dalam penggunaannya, satu paket file yang sesuai dapat berperan baik untuk keperluan penggunanya. Sebagai contoh, kebanyakan orang akan mengunakan file gambar PNG untuk mendapatkan objek terpusat tanpa gangguan objek lain seperti latar belakang, hal itu sangat berguna untuk mengkobinasikan antar objek dalam menghasilkan konten yang baru.

Menarik lainnya, ekstensi menjadi informasi awal untuk membedakan tingkatan file dalam penggunaan. Sekilas orang akan mencoba mendapatkan file Mp3 untuk sebuah lagu kesukaan, bukan file jpg karena itu merupakan format gambar.

Secara garis besar fungsi ekstensi termuat dalam beberapa poin berikut:

  1. Menjelaskan karakteristik dari program dan aplikasi
  2. Rincian pembeda untuk file yang memuat visual, audio, teks atau gabungannya
  3. Prioritas khusus untuk membangun sebuah program atau aplikasi, misalnya .php untuk mendukung Halaman website, .java dalam keperluan program Desktop.
  4. Keamanan data, misalnya .rar, .zip dalam keperluan sebuah arsip terenkripsi.
  5. Memberikan batasan data, seperti kualitas, hak akses maupun tingkatan lainnya

Macam-macam Ekstensi Secara Umum

Sebuah data dapat ditampilkan dengan Visualiasi, suara atau gabungan keduanya layaknya video, dalam akses digital sendiri hal tersebut dapat dibedakan dengan ekstensi file dalam metadata.

Berikut informasi jenis file secara umum seperti gambar, musik, video, dokumen dan sedikit tambahan lainnya.

1. File Gambar

Dalam memuat visualiasi , pengguna dapat menggunakan beberapa model file gambar yang beragam, hal tersebut menjadi penentu grafik yang dapat dinikmati untuk setiap bagiannya. ada beberapa model yang berbeda seperti JPG/JPEG, PNG, GIF, ICO, BMP.

JPG / JPEG  (Join Photographic Expert Group)

JPG dan JPEG banyak digunakan oleh perangkat kamera gital dalam menyimpan hasil akhir gambarnya. Menjadi Format populer yang dapat dibuka diperangkat manapun baik desktop maupun seluler dengan mendukung file gambar dan sangat ideal untuk digunakan pada halaman web.

Pada File JPEG merupakan data jadi yang dapat memberikan tingkat kompres 10 kali lipat dalam gambar bitmap, namun tetap dengan kualitas yang lumayan baik. Walau demikian para photografer profesional lebih senang menyimpan hasil jepretannya dalam file mentah seperti RAW yang memberikan hasil asli dari jepretan cahaya kamera.

PNG (Portable Network Graphics)

Sebagai data format portable yang memungkinkan untuk menampilkan latar belakang transparan, dengan 24 kombinasi Palet warna RGB (Red Green Blue) dan skala Abu-abu.

File jenis ini sering dijumpai diinternet, dan banyak disukai dalam proses pengeditan, maupun kombinasi dalam membuat konten baru.

GIF (Graphics Interchange Format)

Sering menemukan gambar yang dapat bergerak? itulah file yang memuat ekstensi gif atau sering dilafalkan Jiff. Format ini sering digunakan sebagai informasi singkat, meme, yang sedikit lebih mewakili perasaan penggunanya.

File jenis ini sering menghiasi layar animasi icon pada platform media social, contohnya seperti WhatsApp. Galari gambar bergerak banyak tersedia di Giphy.com

Format gambar lainnya seperti BMP, RAW, TIFF, BITMAP.

2. File Audio

Mewakili jenis file yang dapat dirasakan oleh indra pendengaran seperti musik, rekaman, dan lainnya.

MP3 (MPEG audio Layer 3)

Jenis file yang cukup populer dan banyak dikenal saat menginginkan musik, orang akan coba mencari dan mendownload file jenis ini. Dimulai dari standar MPEG-1 Audio sampai MPEG-2 yang semakin baik dalam kecepatan bit.

Format audio lainnya seperti Windows Media Audio, Vorbis,

WAV (Wave Form Audio Format)

Digunakan untuk penyimpanan audio Beat stream di PC, dimana format ini digunakan untuk menyimpan data dalam beberapa potongan. Format ini juga yang digunakan pada sistem Microsoft Windows dalam menyajikan audio mentahan yang tidak terkompres.

3. File Video

Gabungan dari visual dan audio, memiliki beberapa jenis yang dapat mewakili tingkat frame, kejernihan dan kualitasnya.

MP4 (Motion Picture Expert Group (MPEG) -4)

Format video yang umum ditemukan, dapat memuat gambar, audio,teks(subtitle) dan menjadi standar Audio-Video yang termuat dalam ISO-IEC14496-12:2001.

Advertisements

Kelebihan dalam tingkat kompres yang tinggi, sehingga file cenderung lebih kecil namun tidak berdampak pada penurunan kualitas video. Oleh karenanya banyak dipakai sebagai dokumentasi pada plaform maupun halaman web.

MKV atau Matroska

MKV sebenarnya bukan format file audio-video, melainkan sebagai wadah dalam kebutuhan multimedia. Wadah tersebut dapat memuat banyak dukungan format audio, video, maupun teks dalam satu file.

Namun format yang satu ini tidak bisa di buka semua pemutar media, perlu dukungan Codec untuk menjalankannya, misalnya VLC Media Player yang mendukung hal ini.

Format Video lainnya seperti HD, 4K dan banyak diantaranya.

4. File Dokumen

Memuat informasi teks, bisa itu data pribadi, kantor, bisnis dan keperluan lainnya sebagai rekam jejak yang dapat dibuka kembali dengan sistem komputer atau yang mendukung lainnya. Banyak sekali jenis format yang memuat hal ini, misalnya

Docx (Microsoft Document)

Merupakan Format Dokumen yang dikeluarkan oleh aplikasi Microsoft word, dimana didalamnya memuat uraian teks, gambar dalam beberapa rangkaian dan baris yang tersusun.

Format yang satu ini banyak sekali digunakan, mengingat penggunaan aplikasi microsoft sendiri menjadi bagian penting dalam ranah dokumentasi perkantoran, pendidikan, bisnis dan sektor lainnya.

PDF (Portable Document Format)

File format yang ringan, dapat dibuka di berbagai perangkat menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk hasil akhir dalam dokumentasi.

Format dokumen yang satu ini biasanya dibagikan sebagai akses baca saja, artinya tidak  bisa melakukan perubahan terhadap isinya. Kelebihan lainnya adalah tata letak dan layout saat dibuka diperangkat lain tidak akan mengalami perubahan, akan sama percis dengan aslinya.

Karena kepraktis, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi khusus untuk membukanya, hanya perlu menggunakan browser untuk melihat informasi didalamnya.

Format dokumen lainnya seperti XML, CSV, XLXS.

5. File Program dan Aplikasi

Sebuah format file yang dapat menjalankan fungsi dari hardware, Software dan membuat format ekstensi baru. Ada banyak sekali tersebar dalam dunia komputerisasi, misalnya seperti :

Exe

Sebuah format yang dapat menjalankan program di sistem operasi windows. Dalam menambahkan aplikasi pengguna dapat menginstall ekstensi ini pada perangkat PCnya.

Apk

Format aplikasi yag dapat berjalan disistem operasi Android, dimana semua akan perintah yang dapat dijalankan di robot hijau terbungkus dalam format ini.

Beberapa pengguna tidak terlalu mengetahui hal ini, karena terbiasa memasang aplikasi langsung yang didapatkan dari store resmi “PlayStore“.

Format lainnya seperti JAVA, PHP, dan banyak diantaranya

6. File Pembungkus Dokumen/Arsip

Format jenis ini digunakan untuk penggabungan, pengamanan, dan pengompresan file, misalnya:

1. Rar (Roshal Archive Compressed )

Sebuah format yang dapat dibuat oleh aplikasi WinRar, digunakan untuk menggabungkan, mengamankan dan mengkompres file secara spesifik. Selanjutnya File dapat di ekstrak atau dibuka kembali secara keseluruhan tanpa merubah file didalamnya.

2. ZIP

Memiliki fungsi dan karakter yang hampir sama dengan Rar, format ini menjadi pilihan dalam membuat file yang terkompres.

Format lainnya seperti 7Zip, Tar.

Tentunya ekstensi perlu program pendukung dengan algoritma untuk membuka informasi didalamnya, jadi penyesuaian dapat terfokuskan. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *