5 Alternatif MS Office Terbaik Untuk Linux

Microsoft Office menjadi pilihan Software yang wajib bagi Pengguna terutama pada sistem operasi Windows, sangat membatu untuk membuat sebuah dokumen dan menyajikannya dalam berbagai bentuk visual, namun bagaimana dengan Linux?.

Para pengguna harus mencari alternatif  lain untuk mendukung tugas serupa, karena akan sangat sulit menginstal Software Microsoft tersebut dan membutuhkan usaha yang lebih.

Pengganti microsoft office Terbaik Untuk Linux

Pengganti microsoft office bukanlah hal buruk, beberapa fitur dapat memiliki kesamaan saat digunakan, oleh karenanya bisa mencoba sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang sama.

Berikut beberapa pilihan alternatif MS Office terbaik untuk Linux yang dapat di coba.

LiberOffice

LibreOffice

LibreOffice adalah salah satu paket aplikasi kantor gratis dengan sumber terbuka yang tak kalah dengan Microsoft Office, telah banyak digunakan oleh jutaan di seluruh dunia.

Memiliki antar muka yang sederhana dengan dukungan beberapa alat yang dapat membantu kreativitas dan produktivitas penggunanya.

Dokumen yang dihasilkan memiliki tingkat kualitas yang baik dan terlihat Profesional. Pengguna akan lebih fokus pada konten yang akan di buat tidak terhalang dengan alat yang dapat mengganggu antar muka, hal itu sejalan dengan fitur Libre yang memiliki sistem penataan dengan teknologi yang canggih.

LibreOffice mendukung banyak ekstensi seperti word (.doc, .docx), Excel (.xls, .xlsx) , dan PowerPoint (.ppt, .pptx) serta dukungan ekstensi lainnya.

Menjadi penerus dari OpenOffice, yang terus mendapatkan pengembangan yang di liris setiap enam bulan sekali oleh para ratusan kontributor.

LibreOffice dapat di pasang pada Multi-platform seperti Windows, Linux dan Mac, Untuk mencobanya dapat mendownload di halaman LibreOffice.

WPS Office

wpsoffice

WPS Office menjadi pilihan aplikasi kantor yang cukup populer bagi para pengguna seluler Android, yang tersedia juga pada platform desktop untuk Windows, Linux dan Mac.

WPS Office memberikan dukungan yang tinggi pada file yang yang di buat di Microsoft Office, Google Docx dan Adobe Pdf, Membuatnya mampu untuk membaca, mengedit dan membuat banyak file ekstensi.

Tugas menulis, presentasi, SpreadShets dan PDF dapat dibuat dengan mudah dan cepat dengan fitur ultra-light.

Hal yang menarik pada Generasi terbaru memberikan layanan OCR yang dapat  mengonversi gambar menjadi teks, Perbaikan file dan alat canggih lainnya.

Memilihnya sebagai alternatif MS office bukanlah hal buruk, bahkan beberapa pengguna mengalihkan penggunaan sepenuhnya.

Baca juga: 10 Distro Linux Populer Alternatif Windows dan MacOS

Apache OpenOffice

apache open office

Apache OpenOffice merupakan alat produktivitas kantor dengan dukungan multi-Platform termasuk Linux yang memiliki antar muka dan fungsi yang mirip dengan Microsoft Office, bedanya dapat digunakan sepenuhnya secara gratis.

Apa yang dapat di berikan kepada penggunanya seperti mendukung pengolahan kata, SpreadSheets, mendukung gambar vektor/bitmap, alat presentasi, Akses database, dan kompatibel dengan MS Office.

Serupa dengan LibreOffice yang berada pada naungan OpenOffice.org yang memiliki dukungan sumber terbuka dengan ratusan kontributor yang terus mengupdate fitur dan layannya.

Calligra Suite

calligra

Calligra Suite dapat di pasang pada berbagai platform seperti PC dekstop, Komputer tablet dan Smartphone. Berisikan aplikasi untuk mendukung pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafik vektor, dan pengeditan database.

Calligre Word memebrikan fasilitas aplikasi pengolah kata yang intuitif dengan fitur desktop publishing, yang penggunaan yang mudah dan menarik

Seprai Calligra Sheets adalah aplikasi Spreadsheets dengan fitur lengkap yang cepat, dengan dukungan rumus dan bagan untuk menghitung data yang akan dibuat.

Kexi menjadi fitur aplikasi Calligra dalam membuat database yang disajikan dalam bentuk visual. Serupa dengan MS Access yang digunakan untuk merancang database, memasukan, mengedit, melakukan kueri dan memproses data.

Calligra dapat menjadi pilihan Alternatif MS Office Terbaik Untuk Linux yang handal.

Baca juga: 5 Software Video Editing Linux Terbaik

Only Office

only office

Only Office adalah sebuah proyek yang di kembangkan oleh perusahaan IT terkemuka yang memiliki kantor di Riga, Latvia.

Only Office memberikan dukungan pada masa depan pemrosesan data dengan pertama kali membangun editor online dengan elemen canvas HTML5, hal tersebut memungkinkan aplikasi kantor tetap online dalam mendukung kebutuhannya.

Menawarkan berbagai rangkaian manajemen lengkap dalam mendukung produktivitas dengan manajemen dokumen, manajemen proyek, kalender, surat dan jaringan perusahaan.

Tak usah khawatir dengan file lama, Only office kompatibel dengan Microsoft Office dan dapat juga di pasang di banyak Platform salah satunya Distro Linux.

jadi mana pengganti microsoft office mana yang terbaik untuk Linux kamu pilih, dan apakah cocok dengan distro Linux yang kamu gunakan?

Tinggalkan komentar