8 Software Virtual Machine Populer Terbaik & Gratis

Software Virtual Machine sering digunakan untuk rekayasa atau virtualiasasi fungsi perangkat fisik asli/ serupa dengan keadaan sebenarnya. Menguji sistem operasi, menjalankan software aplikasi, virtualiasasi komputer server, desktop, dan jaringan dapat dilakukan.

Simulasi instalasi sistem operasi menjadi keunggulan tersendiri dengan memberikan gambaran terbaik dari file disk image sebelum diterapkan ke perangkat aslinya.

Berbagai keuntungan yang disajikannya, membuat pengguna sangat tertarik untuk mengenal, mempelajari, mencoba dan menggunakannya. Tentu hal itu harus didukung baik sistem maupun software yang memiliki fungsi demikian.

Software Virtual Machine Gratis yang patut untuk dicoba

Pembahasan ini akan memberikan informasi mengenai software virtual machine yang banyak digunakan, memiliki fungsi optimal dan beberapa dari mereka dapat dinikmati full secara gratis.

1. VirtualBox

Virtualbox atau VM Oracle VirtualBox merupakan software virtual machine yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Multi-platform memberikan pengalaman yang adil bagi jendela sistem yang berbeda, tak hanya windows namun Linux, Solaris dan MacOs dapat menjalankannya.

Cara install virtualbox

Apa yang benar-benar orang sukai dari virtualBox yaitu dapat digunakan tanpa lisensi khusus alias gratis, tapi memberikan fungsi yang  tak kalah dengan software yang berbayar.

Menjalankan berbagai sistem operasi, virtualiasi jaringan, integrasi dengan perangkat fisik, Penyesuaian Alokasi penggunaan disk & Ram, serta fungsi lainnya dapat ditemukan pengguna.

Sajian yang sederhana, membuat pengguna tak kewalahan saat mencoba menyesuaikannya untuk pertama kali. Selain itu peran pengembang untuk kebutuhan yang lebih dominan dapat terpenuhi dengan tersedianya dokumentasi teknikal.

Tak hanya fungsi statis, Virtualbox mendukung aktivitas Drag and drop, sehingga mempermudah pengerjaan dan fleksibel. Lebih dari itu pengguna tak usah membuat dan mengatur virtualiasi yang serupa, gunakan fitur cloning yang dapat menyederhanakannya.

Dapatkan VirtualBox di halaman https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

2. VMware Workstation Player

Lebih dikenal VMware, salah satu software virtual machine canggih dengan fitur tata kelola yang luar biasa. Memberikan fungsi optimal dengan penyederhaan sehingga kontroling lebih mudah.

vmware

Sama halnya dengan Virtualbox, Vmware dapat berjalan di sistem operasi Multi-platform. Pengguna dapat mengembangkan perangkat lunak dibawah sistem operasi yang berbeda, misalnya windows sebagai utama, MacOS berjalan dengan virtualisasi.

Mengimpor, mengubah, menguji perangkat lunak, Membuat virtualisasi pertama & penggandaan, menyederhanakan penyebaran komputer baru menjadi paket komplit.

Pengaturan privasi ditiap virtual machine dapat disesuaiakan kebutuhan. Lebih dari itu Vmware dapat dijalanan secara gratis dan meningkatkan lisensinya untuk kebutuhan komersial.

3. Hyper-v

Hyver-V berjalan di windows 10 profesional dan windows server, pengguna dapat membuat virtual hard drive, swich dari beberapa mesin virtual. Hyper-V berjalan  dengan lisensi yang berdiri sendiri memungkinkan akses perpindahan ke virtual machine.

hyper-v software virtual machine gratis

Dapat menjalankan lebih dari satu virtual machine secara bersamaan, Hypervisor yang mendukung platform komputasi awan, dan dukungan banyak versi untuk sistem operasi Lnnux.

Penerapan virtualiasi hypervisor dapat menguntungkan bagi bisnis, fleksiblitas, skalabilitas dan pengurangan biaya adalah kelebihannya tersendiri. Sumber daya gratis mempermudah pengguna untuk melakukan perpindahan host saat melakukan pemeliharaan.

Keadaan Server utama yang memphuni dan kuat, memberikan keringanan untuk biaya pembangunanan, dan infrastruktur dapat terbagi dengan kapasitas yang baik keika melakukan virtualiasi semua ataupun sebagiannya.

Baca juga: Cara install VirtualBox di windows 10 dan menggunakannya

4. Parallels

Paralles berjalan di sistem operasi MacOS, dimana kebanyakan digunakan untuk menjalankan Windows OS. Kemudahan dan terbiasanya pengguna dengan sistem operasi windows kerap menjadi pilihan, walau memiliki perangkat dukungan brand apple.

paraller dekstop

Kebutuhan tersebut disadari oleh beberapa pengguna, terlebih saat aktivitas dilingkungan kerja yang tidak familiar dengan sistem operasi macOS, sehingga sulit saat berbagi file dan sinkronisasi. Tak hanya itu beberapa game berjalan pada sistem opersi tertentu sehingga parallels kerap dipilih untuk menjalankan dual boot tanpa reboot.

Parallels Memberikan kemudahan pengguna dalam menintegrasikan file diantara sistem operasi satu sama lain, drag and drop dapat dilakukan. Input perangkat tambahan seperti hardisk eksternal dapat diprioritaskan pada salah satu sistem operasi, sehingga dapat terbaca saat perpindahan terjadi.

Bagi gamers hal ini menjadi cara terbaik untuk performa perangkat yang mempuni dan dukungan sistem untuk menjalankannya.

Software yang satu ini dapat dijalankan secara gratis untuk kebutan personal dan dukungan lebihnya dapat menguprade pada lisensi berbayar.

5. Qemu

The fast processor emulator menjadi jargonnya, privilage untuk menjalankan virtualiasi sistem operasi linux dan mendukung arsitekturnya, namun berbagi sistem operasi lainnya tanpa batas juga didukungnya.

qemu software virtual machine gratis popler dan terbaik

Dapat menjalankan Karnel Virtual machine dan mesin virtual Xen dengan pendekatan performance yang asli, Qemu kerap dipilihan pengguna selain VirtualBox.

Sama seperti lainnya, tak hanya dukungan bagi user/pengguna, kebutuhan developer tersedia dalam teknikal dokumentasinya. Qemu dapat dinikmati sacara gratis dengan performa dan kelebihannya tersendiri dibandingkan software mesin virtual lainnya.

6. Karnel Based Virtual Machine

Karnel Based di prioritaskan khsus untuk linux OS, setiap mesin virtual memiliki perangkat keras virtual secara pribadi, baik itu jaringan, disk, adaptor, grafik dan lainnya.

Karnel based virtual machine

Dapat terintegrasi dengan Qemu, migrasi, komunikasi chanel diantara tuan rumah dan pengunjung, menjalankan mesin virtual besama virtual mesin virtual lainnya dengan fitur Nested guest.

Cobalah jalankan KVM pada perangkat, lihat bagaimana performana yang ditampilkan oleh software tersebut.

7. Boot Camp

Bootcamp untuk MacOS sering digunakan oleh pengguna yang ingin menjalankan jendala windows, bisa dibilang memiliki fungsi seperti parallels dalam dukungan tersebut.

bootcam virtual machine

Bootcamp memiliki jalan kerja yang menarik, dimana akan menyisihkan sebagian hard drive internal yang selanjutnya bagian tersebut dapat diinstalkan sistem operasi windows.

Sehingga saat menyalakan perangkat untuk pertama kalinya, sistem akan menampilkan pilihan sistem operasi yang akan dijalankan MacOs atau boot lainnya.

Bootcamp menginjikan fungsi dan pintasan tombol yang serupa antar MacOs dengan windows. Dengan dukungan sistem yang dapat dipasang generasi windows 7,8, samapai 10 untuk saat ini. Proses dual boot menjadi lebih mudah tanpa harus mendownload fitur tambahan dari pihak ketiga.

8. Citrix Hypervisor

Citrix Hypervisor memberikan jalan pintar yang cepat, dan aman untuk virtualiasasi , itulah slogan yang mereka tunjukan.  Menawarkan manajemen yang lebih sederhana untuk pengalaman pengguna yang lebih yan lebih baik untuk beban kerja yang tinggi.

Citrix hypervisor

Selain itu software virtualiasi yang patut untuk dilirik seperti Redhat Virtualiazion, dan Gnome Box. Beberapa dari pilihan diatas tentu dengan keungulan dan kelemahannya tersendiri, baik dari kecepatan proses, alokasi yang digunkanan, kompetible dengan perngkat tertentu dan kestabilan saat digunakan.

Baca juga: 3 Software remote Desktop terbaik buat akses jarak jauh

Virtualbox menjadi pilihan yang sering banyak digunakan, seperti saat pelaksaanna UNBK pada tingkat SMP dan SMA yang pernah terselenggara. Dimana Proses sinkronisasi server pusat dengan lokal dan komputer client terjembatani oleh virtualbox, memberikan kesiapan, keamanan dan ketersediaan yang tepat.

Pengalaman pribadi, lebih mudah menggunakan virtualbox untuk kebutuhan instalasi sistem operasi tanpa menggagu sistem utama, selain itu spek perangkat yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi dan cenderung friendly.

VMware menjadi pilihan software virtual machine untuk  kinerja sistem vitual yang lebih tinggi dan komplek, dan Boot camp menjadi jawaban bagi pengguna Mac untuk dapat menjalankan sistem operasi Windows. Beberapa yang disebutkan diatas menjadi best virtual machine dikelasnya.

Tinggalkan komentar