7 Text Editor Linux Command Line Terbaik

Text Editor Linux yang sering di jumpai seperti nano cukup di kenal dan telah menjadi bagian baris perintah dalam mengeksekusi sebuah program file.

Text editor sendiri sering di gunakan oleh pengguna sebagai dokumentasi file, baik hanya uraian sederhana untuk menyimpan momen tertentu sampai dokumen terstruktur untuk membuat sebuah program komputer.

Pada sistem operasi windows, Notepad++ cukup populer dengan sajian visual GUI yang dapat di kustomasi seperti mode dark atau white.

Linux cukup melekat dengan sajian perintah commad prompt atau konsol, segala aktivitas instalasi dan perubahan terhadap paket Repositori banyak di sukai melalui sajian teks.

Text Editor Linux Terbaik

Distro linux di kenal sangat bervariasi dan memiliki kelebihannya tersendiri, seperti halnya program pendukung pilihan yang dapat digunakan untuk melihat dokumentasi pada paket dan memberikan baris perintah baru atau merubahnya, salah satu yang cukup terkenal yaitu nano.

Bosan dengan Text Editor Linux nano? kamu dapat mencoba beberapa alternatif lain, berikut ulasannya.

1. VIM

Vim menjadi salah satu pilihan Text editor yang cukup stabil, mendapatkan perkembangan yang menerus membuatnya memiliki fitur yang sangat powerfull, diantaranya mendukung ratusan juta bahasa pemrograman yang terintegrasi dengan banyak alat dan kemudahan dalam pencarian format file.

vim text editor linux debian

Vim di konfigurasi untuk membuat dan mengubah segala jenis teks dengan efesien, berjalan pada sebagaian besar sistem UNIX dan Apple OS X.

Tak hanya Linux Sistem operasi yang dapat menikmati fiturnya seperti, Windows, MS-DOS, MacOS, Android, IOS dan lainnya. berikut beberapa dokumentasi perintah yang dapat di coba:

sudo apt-get install vim

perintah untuk menginstal vim di Debian dan Ubuntu

sudo apt yum install vim

Atau di CentOS

vim /etc/network/interfaces

Contoh  penggunaannya

Jika tidak berhasil menemukan paketnya bisa melakukan update #apt update dan upgrade #apt upgrade, terlebih dahulu pada sistem.

vim –version

Melihat versi vim yang terpasang

2. GNU Nano

Nano telah kita singgung sebelumnya, Nano menjadi pilihan utama saat pengguna tidak memasang paket lain pada sistem, artinya text editor Nano telah terpasang secara default pada Sistem Operasi Linux.

nano linux text editor

Menjadi salah satu program yang gratis dan mudah digunakan, akan sangat cocok terutama bagi para pengguna Linux pemula.

tak jauh berbeda dengan VIM, nano mampu mendukung konfigurasi perubahan dan pembuat dokumentasi teks baru, bedanya digunakan dengan simpel.

sudo apt install nano

Install di debian dan Ubuntu

sudo yum install nano

Install di CentOS

nano /etc/network/interfaces

contoh perintahnya

nano –version

melihat version yang terpasang

3. MC (Midnight Commander)

GNU Midnight Commander memberikan tampilan teks visual penuh yang sedikit berbeda dari nuansa hitam, yang dapat di gunakan dengan lisesi publik umum alias gratis.

Linux mc text editor

Memberikan mode teks layar penuh dengan memberikan fitur yang memungkinkan untuk menyalin, mengubah, menghapus file. Salah satu pilihan yang mudah dan memberikan visualiasi yang cukup menarik walau berada di wilayah perintah command prompt.

Selain itu dapat menjadi kontrolel file menajer yang sangat di butuhkan untuk sebuah sistem.

apt-get install mc

perintah untuk menginstall

mcedit /etc/network/interfaces

contoh penggunaan

mc –version

melihat versi

4. GNU Emacs

Emacs cukup di kenal dengan ekstensibilitasnya, dengan varian yang banyak digunakan GNU EMACS mampu memberikan Text editor yang lebih luas, dapat disesuaikan, mendukung berbagai dokumentasi dan real time.

emacs linux text editor

Tak buruk menjadi alternatif lain selain vim dan nano, dengan sajian yang lebih menarik menjadi daya tarik tersendiri.

sudo apt-get install emacs

perintah install

emac -nw

perintah menjalankannya

5. ne

ne Text editor merupakan teks editor konsol yang dapat di jalankan pada sistem operasi LINUX maupun MacOS, dilengkapi fitur penggunaan yang mudah, ne di bangun untuk lebih akrab bagi para pemula.

ne text editor ubuntu

Mendukung Tombol pintasan keyboard seperti pada program GUI lainnya, membuat baris perintah dapat di eksekusi dengan cepat. Mengubah, mengedit, menyalin ratusan perintah program dapat di dukung oleh ne.

sudo apt get install ne

Perintah instalasi

6. Neovim

Neovim merupakan Teks Editor berbasis vim yang di rancang untuk ekstensibilitas yang dapat mendorong kontribusi baru.

neovim text editor linux

Neovim di bangun untuk memenuhi kebutuhan penggunaan terbaik dari Vim, dengan fitur  dapat mengaktifkan kontributor baru, membuka blokir penulisan plugin, mendukung  lintas platform yang konsisten dan mendukung kompatibilitas.

sudo apt install neovim

perintah instalasi

7. Tilde

Tilde menjadi teks editor untuk konsol yang menyajikan tampilan nuansa serupa pada visual GUI seperti Gnome, yang terdapat tombol cepat untuk menyalin dan menggandakan file.

tilde text editor ubuntu

Tilde menjadi salah satu pilihan lainnya dalam mendukung sebuah aktivitas program teks yang dapat mengubah, membuat menjadi sesuatu yang baru atau berbeda dalam baris perintah.

sudo apt-get install tilde

Perintah instalasi

Coba memasangnya dan temukan mana yang cocok dengan kebiasaanmu tidaklah buruk untuk menentukan Text editor Linux terbaik.

Tinggalkan komentar