5 Tips Sebelum Memasang Layanan Internet Rumah

Kapan kita harus memasang layanan internet rumah? dan mengapa peralihan dari akses seluler ke layanan teknologi serat fiber sangat di butuhkan ? ulasan menarik akan kita ketahui dalam uraian berikut.

Kebutuhan akses internet telah mencapai titik perhatian khusus, dukungan terhadapnya menjadi keharusan di era modern dalam menunjang keberhasilan aktivitas daring sehari-hari seperti berselancar internet, bermedia sosial, belajar online, menyelesaikan tugas kantor, rapat virtual atau melakukan streaming jika kamu seorang kreator youtube maupun platform lainnya.

Akses paket data seluler secara langsung dengan keterbatasannya dirasa akan sangat kurang dalam mendukung hal itu terlebih lagi dengan mobilitas yang sibuk dan tinggi, upaya peralihan dengan memasang layanan internet rumahan menjadi pilihan yang cerdas untuk memulai hari yang lebih baik.

Beralih ke Layanan Internet Rumah

Beberapa pengguna telah merasakan penyederhanaan dalam berbagi koneksi internet dengan anggota keluarga di rumah yang dapat ditangani wifi router dengan performa yang cukup stabil, pancaran wifi yang mengudara atau lebih suka langsung tersambung dengan Kabel LAN menjadi pilihan tersendiri.

Layanan internet rumah dapat di sediakan oleh ISP atau internet service provider yang belakangan ini banyak menjamur dengan penawaran diskon maupun paket spesial untuk pengguna baru.

Tentu sebelum memutuskan peralihan, baiknya secara sadar mengetahui porsi kebutuhan penggunaan kita sehari-hari apakah sudah waktunya beralih atau masih dapat di tangani oleh akses internet dari data seluler, berikut beberapa tips yang dapat di gunakan sebelum memutuskan memasang layanan internet rumah.

1. Kebutuhan Tinggi

Adanya kebutuhan yang harus terpenuhi tentu menjadi tanggungan tersendiri, baik bagi anggota keluarga untuk menyelesaikan tugas rumah atau kamu sendiri yang memiliki bisnis online di market place, freelance, maupun streammer seperti yang telah di sebutkan sebelumnya.

dalam perhitungan pengeluaran yang dilihat dari kebutuhan tinggi pada lingkungan rumah, mempertahankan model paket layanan data seluler akan sangat boros, lihat bagimana setiap anggota harus memliki paket data mereka masing masing, misalnya 5 GB dengan harga 50 ribu di kali banyaknya anggota keluarga yang menggunakannya, sangat tidak efesien bukan.

Terlebih lagi, jika paket layanan data sudah habis koutanya sebelum jatuh tempo pada paket layanan, maka untuk tetap menunjang kebutuhan mau tidak mau harus mengisi ulang, sebut saja kurun waktu satu bulan terdapat 6 anggota keluarga dikali 50 ribu maka totalnya 300 ribu harus keluar setiap bulan dengan estimasi pengisian kedua kalinya bisa terjadi.

Bandingkan dengan harga paket internet yang di tawarkan ISP dalam beberapa layanan di bandrol dengan harga bervariasi misalnya dalam paket Download & Upload 5MB di bandrol kisaran 100 – 300 ribu dan 10/20 MB 300 – 400 dalam satu bulan yang akan terlihat lebih murah,

Dalam segi performa, Teknologi kebel serat optik memiliki kecepatan yang tinggi membuat pengguna tidak akan mudah terlambat bergabung dalam suatu forum rapat dan tidak khawatir sinyal yang buruk karena cuaca atau cakupan wilayah yang sinyalnya kurang bagus.

Bagi para streammer sendiri, kecepatan dan batas kouta internet menjadi masalah pasalnya kebuthan broadcasting secara live membutuhna alokasi kouta yang besar, stabil, dan tidak terhalang batas FUP.

Kasus seorang teman yang melakukan streamming dengan paket data seluler 5 GB dapat habis dengan cepat dan banwidth turun sehingga kualitas yang di hasilkan jelek dan patah-patah bahkan berhenti.

Aktivitas lainnya yang membutuhakan mobilitas multi perangkat, seperti komputer, laptop maupun tablet yang di rasa akan sangat kurang jika harus mengandalkan hotspot dari perangkat seluler.

Pemilihan paket layanan juga seperti 5MB, 10MB, 20 MB atau bahkan 100 MB dalam kecepatan rate download dan upload mempengaruhi kebutuhan juga, jangan sampai aktivitas berat dan banyak harus di tangani oleh paket layanan 5 MB bisa namun kurang puas jika banyak pengakses dalam satu waktu.

2. Coverage Wilayah

Dimana rumah mu berada akan sangat menentukan hal ini, apakah terdapat layanan ISP disekitarmu atau tidak? karena beberapa wilayah belum di masuki layanan service provider yang membuat rencana pemasang harus tertunda.

Mengetahui hal ini kamu dapat bertanya pada tentangga sekitarmu apakah ada yang memasang paket layanan internet rumah, atau mencoba menghubungi langsung perusahaan penyedia, biasanya mereka akan memberitahukan lokasi yang dapat dan tidaknya untuk di pasang.

Beberapa kasus dapat mengajukan ke penyedia jika wilayahmu belum ada akses jalurnya, namun tentunya dengan beberapa syarat yang harus terpenuhi misalnya minimal pemasangan yang membuatmu harus mengajak tentangga lainnya untuk bergabung, namun sepertinya setiap wilayah dapat tersedia hanya masalah waktu saja.

3. Rekomendasi penyedia

Memilih perusahaan penyedia dapat menentukan tingkat kepuasan layanan tersendiri, baik dari kecepatan, harga dan dukungan pada persoalan teknis.

Beberapa penyedia yang sudah banyak di ketahui misalnya seperti Indihome, Biznet, Megavision, MNC, myRepublic,  Cifo, first media,dan lainnya, hal yang menjadi pertimbangan awal adalah cakupan wilayah seperti pada uraian sebelumnya, lainnya kecepatan, stabil dan paket harga yang mampu dibayarkan.

Pengalaman penulis yang telah mencoba beberapa layanan seperti  Indihome, Biznet dan Megavision, lebih rekomendasi kebutuhan rumah  sudah cukup baik di tangani oleh Megavision, MNC, indihome  dalam pertimbangan harga serta performa dan jika menginginkan lebih Biznet menjadi pilihan yang tepat namun harganya juga lumayan.

Beberapa pengguna merasakan layanan mereka bagus pada wilayah tertentu dan sebaliknya di wilayah lain, menjadi pertanyaan juga mengapa demikian, dan hal ini menjadi peminat tersendiri pada masing-masing layanan.

4. Performa

Perusahaan penyedia akan memeberikan kontrak pemasangan dalam kurun waktu tertentu selama penggunaan bekerjasama dengan mereka bisa bulan atau tahunan.

Selama penggunaannya pengguna akan lebih mengetahui bagaimana performa yang di berikan oleh penyedia yang telah di percaya menangai masalah internet rumah mereka, kepuasan pada bandwith yang di berikan apakah telah sesuai dengan layanan yang di pilih, jika tidak sesuai maka kamu dapat mengajukan penangguhannya.

Bandwidth yang di barikan akan mengacu pada kecepatan download dan upload, pada beberapa layanan upload akan setengahnya dari kapasitas download namun ada juga layanan penyedia yang memberikan paket berimbang seperti MNC yang diraskan oleh beberapa pengguna.

Untuk mengeceknya cukup menggunakan aplikasi web atau mobile speed test yang dapat dicari di google seperti speedtest by Ookla

5. Pelayanan

Menjadi satu hal yang dirasa sangat penting bagaimana penyedia memberikan layanan terbaik mereka untuk konsumen agar tetap mendapatkan kepercayaan penggunanya.

Tugas penyedia tidak hanya memberikan paket layanan begitu saja, namun pengguna juga layak mendapatkan informasi mengenai maintence yang dapat menggangu kelancaran selama penggunaan misalnya seperti megavision, Biznet yang selama pemakaiannya selalu mendapatkan informasi via email ketika ingin melakukan pemeliharaan perangkat.

Pelayanan lainnya seperti kondisi memberikan respone yang baik dari pertanyaan konsumen, melakukan pengecekan secara berkala seperti mengganti router wifi jika sudah tidak bagus di sisi pelanggan, dan request pelanggan lainnya.

Pengguna dapat menghentikan layanan dan beralih kepenyedia lain jika di rasa layanan kurang memuaskan.

Hal yang perlu di sadari lainnya, memutuskan untuk memasang layanan internet rumah mengharuskan penyiapan data tiap bulan untuk membayar paket layanan baik digunakan atau tidak selama statusnya masih aktif jika tidak akan kena denda atau pemutusan jalur, beda halnya dengan data seluler jika telah jatuh tempo atau habis ya sudah jika tidak digunakan.

Temukan ulasan menarik lainnya seperti  13 tips sebelum membeli laptop baru atau bekas

Satu pemikiran pada “5 Tips Sebelum Memasang Layanan Internet Rumah”

Tinggalkan komentar