5 Software Video Editing Linux Terbaik

Apakah memungkinkan mendapatkan dukungan software video editing linux untuk kebutuhan profesional? tentu saja Linux tidak hanya di peruntukan untuk para pengguna khusus dalam menyelesaikan persoalan seperti pengelolaan server, Administrator jaringan, programmer namun lebih dekat lagi, saat ini pengguna akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa bersama penguin.

Video editing memang cukup dekat dengan software yang berjalan pada sistem operasi windows, misalnya seperti adobe premiere, filmora, windows movie maker dan banyak lainnya. hal itu tentu akan membuat sebagian pengguna linux akan berusaha lebih keras untuk mendapatkan fitur serupa dari daftar aplikasi tersebut pada umumnya.

Software Video editing Linux menarik untuk di coba

Pilihan terbaik adalah dengan memilih alternatif seimbang untuk menyelasaikan tugas video editing, berikut beberapa aplikasi video editing pilihan yang dapat kamu jalankan di sistem operasi linux kesayanganmu:

Kdenlive

Kdinlive di kenal sebagai salah satu software yang kaya akan fitur, berjalan layaknya seperti editor non-linear dengan kemudahan yang dapat di lihat seperti terdapat fitur multi-track yang memungkinkan untuk menyelesaikan persoalan interleaving video maupun suara, lebih banyak lagi fitur yang dapat di ketahui seperti:

kdinlive.org
kdinlive.org

1. Terdapat penyimpanan otomatis, berguna ketika hal yang tidak di inginkan terjadi misalnya aplikasi berhenti secara tiba-tiba atau tidak merespon yang mengharuskan untuk keluar dari jendela apliksi dan memuat ulang.

2. Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, memberikan kemudahan pada kebutuhan pemotongan video, audio berdasarkan line atau scane yang diinginkan memungkinkan proses penggabungan antar konten dapat di lakukan.

3. Tersedia efek, transisi yang dapat di dipilih dan digunakan untuk mempercantik video yang akan dibuat.

4. Format file dukungan input dan oput yang banyak, seperti Mp4, Mp3,FLV dan format codec lainnya.

5. Mudah digunakan dengan tata letak aplikasi yang user friendly, sehingga para pengguna awal dapat menyesuaikan penggunaan dengan cepat

Lighworks

Sebuah tool profesional editor menjadi tagline yang bagus, Lighwork dikenal sebagai aplikasi yang banyak di gunakan untuk proses pengeditan film bioskop, seperti di kutip pada web Lightworks: The professional editor for everyone (lwks.com) contohnya seperti The wolf of Wall Street, LA confidential, Pulp Fiction dan banyak film lainnya.

Lightworks(lighworks)
Lightworks(lighworks)

Pilihan terbaik untuk sebuah film tentunya Lighworks memiliki segudang fitur yang sangat luar biasa, layaknya seperti :

1. Antarmuka aplikasi  yang sederhana membuatnya pengguna mudah beradaptasi dengan berbagai tool yang disajikan.

2. Proses pemangkasan dan pengeditan video akan sangat mudah dilakukan

3.Dukungan audio, video FX real time

4. Format hasil dukungan yang banyak dengan kualitas tingi yang dapat di pilih seperti 4K

OpenShot

OpenShot menjadi pilihan lainnya dapat di pasang pada sistem operasi penguin, apa yang dapat di tawarkannya dukungan terhadap pemangkasan, editing, penggabungan video maupun audio mampu di lakukan pada aplikasi ini, lebih banyak seperti:

openshoot
openshoot

1. Dukungan cross-platform artinya dapat di pasang pada sistem operasi windows, linux dan MacOS, membuatnya dapat di andalkan tanpa batasan perangkat

2. Mendukungan banyak format, audio, video maupun gambar

3. Dukungan luar biasa pada key frame animasi

4. Integrasi dekstop yang sanagt mudah, memungkinkan drag dan drop dapat di lakukan pada canvas kerja.

5. Terdapat pilihan transisi dan melihatnya langsung secara real-time

Davinci resolve

Davinci resolve free/17 menjadi alat profesional editing yang layak untuk di coba, mampu menggabungkan beberapa scane dengan proses pengeditan yang mendukung efek visual, koreksi warna dan gerakan, fitur lainnya seperti:

davinci resolve 17

1. Pilihan no 1 untuk sebuah video editing yang cerdas dalam pengeditan, pemrosesan warna dan fitur di dalamnya

2. dilengkapi dengan Kecerdasan mesin dengan algoritma jaringan saraf dalam seni dan mesin learning, membuatnya mampu mengenali wajah, deteksi objek dan warna otomatis.

3. Terdapat plug-in dukungan yang mampu menyederhakan penggunaan menjadi lebih mudah

4. Dukungan penuh pada kolaborasi multi pengguna, membuat semua bagian dapat bekerja dalam satu canvas yang sama pada bagiaanya.

Lebih lengkap dapat di ketahui pada halaman web resminya

Pitivi

Pitivi menjadi salah satu alternatif lain untuk di pilih jika dari ke-4 daftar sebelumnya tidak cocok dengan selara kamu, dengan tata letak aplikasi yang sederhan membuatnya dirasa akan sangat mudah di gunakan bahkan oleh pengguna baru, mengenali fitur utamanya seperti:

pitivi

  1. Dapat digunakan dengan tenang, kapanpun dan dimanapun karena gratis
  2. Didukung dengan integrasi pengguna yang sangat cantik
  3. Didukung dengan teknologi open source membuat pengembangan dapat di lakukan oleh partisipasi
  4. Dukungan terhadap kolaboarasi pengguna

Adanya kemudahan dalam dukungan software dan aplikasi dari kontributor membuat linux semakin di perhitungkan dalam pilihan penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari, kantor maupun profesional. mempelajari kelebihan linux lebih dekat akan mampu membawa keterbukaan terhadap sistem operasi dengan logo penguin yang satu ini.

Tentu banyak pilihan lainnya dapat kamu pilih sebagai software video editing linux untuk profesional, lebih dari itu 5 daftar yang telah disajikan dapat kamu coba terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar