5 Sistem Operasi Populer di Tahun 2021

Sistem operasi merupakan sebuah program yang menjadi antarmuka pengguna dengan perangkat keras dan mengontrol semua perintah dari pelaksanaan programnya.

Terus berkembang untuk tetap bertahan dan menyajikan fitur yang mampu memfasilitasi penggunanya pada setiap momen, hal itu membuat versi dan seri dari beberapa pengembang terus bermunculan.

Pada perangkat Mobile Phone dahulu Symbian sangat populer pada jamannya namun tidak untuk sekarang, Begitupun dengan Windows XP untuk Desktop banyak di minati namun tidak untuk sekarang.

Berikut beberapa Sistem Operasi populer yang di masih di pakai pada tahun 2021.

Sistem Operasi Populer Perangkat Mobile

Perangkat Mobile seperti Smartphone memiliki pengguna yang cukup banyak, fitur yang canggih mampu menyederhanakan penggunaan komputer yang lebih mudah dan mampu di bawa kemanapun baik untuk komunikasi maupun produktivitas lainnya.

Android

android

Android merupakan sistem operasi sumber terbuka, artinya para pengguna yang memiliki kemampuan pemecahan kode dalam pembangunannya dapat terlibat langsung.

Android mulai banyak di kenal saat Versi 4.1 Jelly Bean sampai versi terbaru, sekarang penggunanya terus meningkat.

Fitur yang dapat di tawarkan oleh Android kepada penggunanya seperti, tampilan layar dasar yang bagus, cantik dan mudah untuk digunakan, dilengkapi dengan Teknologi jaringan canggih 4G dan 5G dalam masa pengembangan, serta tersedia fitur penyimpanan file yang ringan.

Pada dukungan media, Android mampu memberikan layanan yang banyak seperti memutar video, membuka gambar, dan melakukan perpesanan atau panggilan telepon antar pengguna secara daring.

Tidak perlu menutup aplikasi sebelumnya untuk membuka aplikasi lain, Android di lengkapi dengan fitur Multi Tasking yang memungkinkan pengguna mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Perangkat terbaru dengan fitur canggih memiliki fitur yang lebih bervariasi, seperti Tambahan Kamera dengan Pixel yang besar, Layar Sentuh Lipat,  sampai layanan Hotspot yang Powerfull.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Wifi dan Hotspot Bersamaan di Android

IOS

iphone

IOS merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh perusahaan Apple, terkenal dengan kelas pengguna menegah ke atas membuatnya sedikit eksklusif.

IOS berjalan pada perangkat Iphone, namun dapat juga di temukan pada beberapa produk Apple lainnya seperti Ipod Touch, Ipad dan Apple TV.

Iphone dengan sistem Operasi IOS, Memiliki kemampuan yang serupa dengan Apa yang ada pada Android seperti dukungan perpesanan/panggilan, berinternetan, aplikasi media sosial, Multi Tasking, layar sentuh, dilengkapi dengan teknologi canggih dan terbarukan.

Pengguna memilih perangkat Iphone dengan alasan yang lebih stabil, aman serta beberapa menjadikan sebagai perbedaan tingkat sosial satu dengan lainnya.

Ya, untuk mencoba perangkat Iphone kamu harus mengeluarkan uang yang lebih jika di bandingkan dengan perangkat Android.

Sistem Operasi Populer di desktop

Desktop memiliki ukuran layar yang lebih luas seperti komputer atau Laptop, yang memiliki perangkat pembangun yang kompleks serta dukungan beberapa perangkat keras dan periferalnya.

Windows 10

windows 10
windows 10

Windows 10 merupakan keluarga sistem operasi seri teratas yang di keluarkan oleh Microsoft, sebelumnya orang menggunakan windows XP, atau windows 7.

Penggunaan Windows 10 kian banyak saat Microsoft mengumumkan penghentian dukungan untuk seri Windows 7, hal itu membuat pengguna mau tak mau mengupdate ke seri tersebut agar mendapatkan performa yang maksimal.

Dilengkapi dengan tampilan layar dasar yang bagus, tambahan animasi dengan kostumasi membuatnya enak untuk dilihat pada layar Desktop.

Dukungan Aplikasi yang banyak mulai dari produktivitas kantor seperti Microsoft Office, Musik, video, Desain grafis dan utilitas pendukung lainnya.

Keluarga Windows selalu mendapatkan hati penggunanya, karena mudah untuk di gunakan membuat orang-orang di seluruh dunia banyak menggunakannya di bandingkan sistem operasi lainnya.

Baca juga: 15 Tips Mempercepat Windows 10 Lemot Dengan Maksimal

MacOS

mac

MacOS dikembangkan oleh Perusahaan Apple seperti Ios, banyak di gunakan oleh orang di seluruh dunia  setelah sistem operasi Windows.

Dilengkapi dengan Desktop dinamis yang mampu untuk di kostumasi seperti pencahayaan, mode gelap, walpaper dan icon.

Tak jauh berbeda dengan Window, Mac OS dilengkapi dengan berbagai dukungan aplikasi untuk mendukung produktivitas Microsoft 365, media hiburan, Game, Desain Grafis dan yang paling menarik adalah sangat baik untuk para pengembang software.

Bagi para pengguna Iphone, Integrasi dapat dilakukan secara langsung seperti aplikasi dukungan ios berita, saham, dan memo suara.

Untuk mencobanya perangkat yang harus dimiliki khusus seperti layaknya Ios yang hanya di keluarkan oleh Perusahaan Apple.

Linux

Linux

Linux menjadi pilihan sistem operasi yang gratis dengan sistem operasi terbuka, tersedia banyak pilihan distro Linux seperti Ubuntu, Debian, Fedora, Mint dan banyak lainnya.

Sangat baik dalam menjaga data penggunanya karena di nilai memiliki fitur keamanan yang tinggi, oleh karenanya banyak digunakan untuk komputer-komputer server contohnya pada layanan hosting yang banyak menawarkan hal ini.

Linux tidak begitu populer di bandingkan Windows dan Linux karena para penggunanya merupakan orang-orang pilihan, di mana proses penginstalan akan sangat mudah namun tidak dalam pengoprasiannya yang membutuhkan pemahaman lebih.

Ya, Tak salah jika Keunggulan Linux banyak di manfaatkan oleh para Administrator jaringan, Pengelola server, peretas, Digital forensik dan dukungan Cyber security yang baik.

Namun pada tahap perkembangannya banyak juga distro yang mengerti penggunanya, seperti Linux Mint, Ubuntu yang memiliki tampilan menarik seperti Windows dan cenderung lebih mudah digunakan.

Android menjadi puncak tertinggi yang di produksi oleh beberapa brand dengan variasi harga yang berbeda oleh karenanya pengguna hadir dari berbagai kalangan.

Pada dekstop sendiri, Windows 10 memiliki perhatian yang lebih dengan menjadi sistem operasi populer, penggunaan yang mudah, tampilan menarik serta banyak dukungan utilitas tak heran sering ditemukan pada sistem operasi bawaan ketika membeli Laptop.

Jadi dari 5 sistem operasi Populer di atas mana yang kamu gunakan saat ini?

Tinggalkan komentar