5 Manfaat Menggunakan Incognito [Mode Penyamaran]

Incognito merupakan fitur private browsing yang tersedia pada browser modern seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Safari browser dengan keunggulan dapat mencegah riwayat penjelajahan tersimpan saat mengakses internet.

Tak hanya riwayat penjelajahan, Cache atau data konten  pada website yang telah di akses  dan ingin di tinjau kembali akan di abaikan, oleh karena konten yang akses ulang kedua kalinya akan menampilkan data terbaru bukan simpanan sebelumnya.

Pada akses browser biasa, segala macam aktivitas pengguna mulai dari histori, Cache, User akun login yang di izinkan di simpan pada data browser, terekam dan dapat di akses kembali.

Manfaat menggunakan Incognito

Incognito akan mengabaikan segala aktivitas yang di lakukan oleh pengguna, tanpa ada rekam jejak, user login tersimpan, Cache, Cookie dan data lainnya akan di lupakan, membuat semuanya terkunci pada satu peti miliki pribadi oleh karenanya disebut private browsing.

Kenali lebih dekat bagaimana keunggulan dalam penggunaan jendela penyamaran bagi para penggunanya, seperti di google incognito:

1. Melindungi Data agar tetap aman

Data pribadi seperti kata sandi pengguna menjadi barang yang mewah, beberapa orang sampai menggunakan keamanan dua lapis untuk melindunginya.

Incognito akan berperan dalam menjaga kerahasiaan data tersebut dengan tidak menampilkan rekam jejaknya, terutama ketika menggunakan komputer publik atau digunakan oleh banyak orang.

Sangat riskan saat mengakses situs dengan data diri tersebut, misalnya mengakses E-banking, Toko Online, Media Sosial dan serupa lainnya di mana dapat mengekploitasi hal yang merugikan ketika memegang kombinasi yang tepat oleh orang tak bertanggung jawab.

Tetap tenang walau lupa melakukan logout saat keluar halaman website, karena jendela penyamaran akan melupakan dan mengerti akan hal itu.

2. Melindungi Privasi

Setiap orang ingin mendapatkan privasi pada momen hidupnya, sama halnya ketika ingin mengetahui suatu hal dan tak ingin di ketahui orang lain terutama dianggap sensitif.

Kerahasiaan dalam riwayat penjelajah dapat tercapai dengan jendela penyamaran, apapun yang pengguna akses saat menggunakan mode tersebut akan hilang ketika tab berhasil di tutup.

Menggunakan mode penyamaran akan sangat baik saat meminjam perangkat komputer teman atau Layanan warnet saat ingin membuka halaman situs yang mengandung data kerahasiaan pribadi atau pekerjaan.

Pada tahap lain, mode privasi dari jendela penyamaran dapat membantu menghindari  dan menjadi salah satu upaya pencegahan agar akun digital sulit di retas

3. Mencegah pelacakan yang tidak di kenal

Fitur yang di hadirkan oleh browser biasa mampu menyimpan rekam jejak penjelajahan dan diakses kembali saat di perlukan.

Namun, apa jadinya jika pengakses tidak hanya kita seorang melainkan orang lain turut andil atau bahkan peretas yang tidak dizinkan untuk masuk dan mengaksesnya.

Data yang tersimpan dan mudah terlihat, dapat di pelajari yang selanjutnya dapat menciptakan poin kesimpulan penggunanya, misalnya kebiasaan, kesukaan dan emosional pribadi lainnya.

Sangat tidak menyenangkan saat orang membuka data kita secara tidak sah, walau hanya untuk melihat apa saja yang kita cari di mesin pencari, menyiasatinya dapat menggunakan fitur penyamaran Incognito.

Baca juga: 5 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

4.  Dapat Login dengan Akun ganda

Mode Penyamaran incognito mampu melakukan tugas yang sama dengan aktor yang berbeda, di sini pengguna dapat melakukan integrasi login dengan akun yang berbeda pada halaman website yang sama.

Biasanya saat menggunakan mode browser biasa, satu akun akan mengaitkan semua kontennya, mengharuskan  keluar terlebih dahulu untuk merubah data hak akses ke akun lain.

Mode Penyamaran dapat digunakan untuk melakukan user login berbeda secara bersamaan, membuat kepraktisan dalam tata kelola user bagi yang memiliki akun pribadi dan bisnis yang terkadang berbeda.

5. Menguji Konten Website

Adanya Cache yang tersimpan pada mode browser biasa membuat akses pengguna kedua kalinya lebih cepat, dikarenakan beberapa konten dari webiste tersebut akan tersimpan pada komputer lokal.

Sayangnya, fitur tersebut dapat menghilangkan sebagian informasi ketika pemilik website melakukan perubahan konten, beberapa mengharuskan pengakses menghapus Cache yang tersimpan agar data yang di pakai dapat terbaca secara Real-time.

Terlebih lagi bagi para pengembang web yang sering melakukan uji coba ketika membangun sebuah halaman web, mode penyamaran akan sangat membantu dengan cepat.

Fitur yang dapat di tampilkan tentu memiliki kekurangan yang dapat di sadari, beberapa orang mengeluhkan akses terhambat oleh robot ReChapta ketika mengaksesnya terlalu sering. Selain itu walau menggunakan mode penyamaran Alamat IP Addres masih bisa di kenali jadi pihak luar dapat mengetahui model perangkat, layanan internet yang di pakai.

Lebih dari itu, mode penyamaran akan sangat membantu dalam menjaga privasi Online tetap terkunci rapat, hanya bisa di buka oleh penggunanya sendiri.  Untuk mencobanya dapat pergi ke menu pada browser yang digunakan dan pilih jendela penyamaran baru, pelajari lebih lanjut pada penggunaan mode privasi browser chrome

Dari segi tampilan view, hitam putih akan sangat di sukai oleh bagi penikmat darkmode yang elegan, jadi cobalah untuk merasakan pengalamannya, incognito chrome dapat dicoba untuk pengalaman pertama.

Tinggalkan komentar