4 Tips Kelola Bisnis Online Mandiri Agar Berkembang

Beberapa orang cukup keteteran untuk kelola bisnis online dengan satu tangan, artinya tidak memiliki tim pendukung untuk berbagi tugas pada layanan. Sebagian lagi tidak dapat menemukan performa pada capaian yang diinginkan

Menjadi hal utama memastikan ketersediaan produk, dukungan konsumen dan informasi produk/layanan dalam satu paket yang tak terpisahkan.

Keterkaitan tersebut membuat sebagian orang kerap menggunakan perpanjangan tangan dari orang lain untuk menyederhanakannya.

Kepuasan pelanggan menjadi hal wajib, bisa itu dinilai dari kualitas produk/layanan, dan pelayanan yang menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Tak perlu menyerah saat manajemen kesendirian menghampiri pundak anda, bantuan teknologi dalam berbagai sektor dapat dimanfaatkan untuk mengisi kekosongan formasi tersebut.

1. Dapatkan Partner virtual dengan Aplikasi Selly

Aplikasi Keyboard Selly

Selly adalah sebuah aplikasi pintasan keyboard yang dapat melakukan berbagai macam tugas yang mempermudah Pelayanan kepada konsumen.

Anda akan menemukan fitur AutoText, cek ongkir, manajemen stock barang & harga dan perhitungan invoice otomatis kepada konsumen dalam satu aplikasi.

Lihat bagaimana aplikasi ini membantu anda dalam kelola bisnis online kecil dan mengembangkannya.

Fitur AutoText

Sebagai pelaku bisnis mandiri, cukup sulit untuk memberikan layanan fast respons jika menghadapi lebih dari satu konsumen. Fitur AutoText dapat mempermudah dengan pintasan jawaban untuk setiap pertanyaan yang sering dilontarkan, misalnya harga, jenis barang dan masalah lainnya.

Cek Ongkir

menetapkan alamat bisnis dan memberikan gambaran pembiayaan ongkir dapat dilakukan jika anda berbisnis tanpa Platform toko online, contohnya memanfaatkan media sosial sebagai ladang promosinya. Rincian perhitungan berat barang dapat di sesuaikan dan dengan pilihan ekspedisi yang beragam.

Stock Barang dengan Rincian Harga

Hal wajar jika konsumen menanyakan barang seperti apa yang anda jual dan harga pastinya. Tidak usah membuatnya rumit saat konsumen meminta informasi tersebut, berikan dalam satu tombol pintasan, dan dapatkan respons balik yang cepat.

Dapatkan Rincian transaksi

Tak perlu mengetikan layout perhitungan untuk diberikan kepada pelanggan, keperluan tersebut dapat teramu dalam satu wadah, informasi pembayaran, belum terbayar dan memberikan notif ke pelanggan untuk melakukan pembayaran dapat dilakukan.

Kustomisasi Keyboard

Tidak usah membuka aplikasi secara mendadak saat diperlukan, dukungan pemasangan pada layar pintas ketikan dengan paduan yang dapat di sesuaikan, lihat bagaimana ini memberikan pemberitahuan getar dan popup sebagai pengingat.

Pintasan metode Pembayaran

Informasi pembayaran seperti rekening pribadi dengan metode transfer manual, atau melalui elektronik payment seperti gopay, Midtrans dapat terlink dalam satu pintasan yang mudah

Akses Rekap administrasi dan Perkembangan Toko

Aktivitas yang telah dilakukan dapat terekam pada pintasan keyboard ini, memberikan histori bagaimana capaian bisnis dalam kurun waktu hari, minggu, bulan atau tahun

Kelola Peran admin

Walau anda melakukannya secara mandiri, fitur kelola admin dapat ditambahkan dengan menyertakan nama dan peran pada bisnis yang dijalankan, misalnya Customer Service sehingga lebih mendekat pada layanan konsumen yang memperhatikan hal itu.

Dapatkan semua fitur secara gratis

Dapat berjalan pada perangkat android, dan dapatkan aplikasi pada layanan toko di playstore secara gratis, unduh dan install selly dengan mudah

Baca juga: Cara buat fanspage facebook untuk bisnis, kreator dan komunitas

2. Lakukan Pemetaan Media Promosi Yang Optimal

Kuasai media tempat di mana anda melakukan promosi dalam menjajakan produk/layanan, tak sulit menerapkannya pada layanan platform atau web toko online, namun media lainnya kerap menjadi rahasia besar untuk dapat terpecahkan.

Lebih spesifik dalam hal ini adalah media sosial di mana orang banyak berkumpul dan menggunakan dalam kurun waktu harian yang besar.

Media populer menjadi lahan pemanfaatan bagaimana produk/layanan dapat berkolaborasi dan mengambil bagiannya.

Hal tersebut memang tidak mudah, namun sedikit memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mencapai target Market sesuai harapan.

1. Ubah Akun Personal ke Profesional/bisnis

instagram bisnis

Ada banyak keunggulan saat merubah prioritas akun, misalnya pada akun instagram khusus bisnis, anda akan menemukan fitur tambahan dan jangkau yang lebih dengan status pengguna profesional.

Penambahan label kategori, alamat layanan lebih termodelkan serta penambahan tombol kontak person akan terlihat pada akun profesional.

Para blogger, pelaku bisnis kreatif memanfaatkan hal ini untuk lebih menekankan layanan dan personal branding yang cukup memberikan impeks yang luar biasa.

Tak Ada persyaratan khusus untuk mendapatkannya, perubahan dapat dengan mudah dilakukan oleh siapapun pada pengaturan akun mereka masing-masing.

Setelah peralihan gerbang mitra bersama penyedia dapat dilakukan, dalam hal ini kerja sama dalam promosi mengiklankan produk atau layanan.

Tak usah risau dengan persyaratan dan pembiayaan, selama dirasa konten yang dipromosikan tidak melanggar kebijakan dapat terealisasi dan dengan biaya yang cukup terjangkau mulai dari minimal 20 ribu.

Namun jika anda bisa mengelola akun personal dengan baik, menyajikan konten berkualitas, proses promosi menjadi pilihan kedua karena pengalaman pengguna organik telah didapatkan.

Pilihan lain menjalin kerja sama dengan pengguna lain yang memiliki pengikut yang banyak, dalam hal ini dikenal sebagai paid promotion.

Cara tersebut cukup efektif untuk mendapatkan impress pengguna apalagi kesesuaian minat terhadap produk/layanan yang ditawarkan. lihat lebih lengkap mengenai hal ini pada artikel perbedaan akun bisnis dan personal instagram.

2. Jangkau Pelanggan di sekitar anda dengan Facebook

kelola bisnis online dengan beriklan di facebook

Bayak orang mengenal facebook dan tergabung sebagai anggota komunitas di dalamnya.

Fitur pengguna dikala luncuran awalnya tidak terlalu mendapat perhatian sebagai media promosi yang menawan namun saat ini tidaklah demikian.

Adanya menu Market place membuat pengguna dapat saling menawarkan produk/layanan, baiknya lagi penyesuaian dalam area jangkauan dan indeks capaian umur pengguna dapat di sesuaikan untuk mendapatkan target market yang sesuai.

Lihat bagaimana orang akan melihat bisnis anda di facebook, yang dikelola dengan Fanspage sebagai pintu usaha yang lebih maju. Fanspage halaman akan membuat deskripsi produk/layanan lebih mendapatkan tempat dan porsinya, kumpulkan pengikut yang memiliki minat sebagai langganan.

Seperti halnya akun profesional instagram, fanspage facebook menjadi salah satu syarat pengguna untuk dapat menjalin kerja sama dengan pengembang mempromosikan produk/layanannya.

Santai tak perlu modal jutaan rupiah, biaya yang lebih murah muai dari 15 ribu sudah dapat beriklan di facebook.

Nikmati bagaimana bisnis anda dikenal oleh orang di sekitar tanpa repot mengetuk pintu rumah tetangga satu persatu.

3. Tak Harus Beriklan, Ambil antusias dengan Konten berkualitas.

membuat konten berkualitas

Seperti apa konten berkualitas itu? tentunya sesuai dengan minat pengguna dan memberikan informasi yang dapat menjadi experience bagi mereka.

Hal itu terbangun dari fokus terhadap pembahasan utama misalnya topik teknologi, Info grafis menarik dan manfaat dari konten yang disampaikan.

Hal ini bisa di sebut sebagai cara organik/alami , sehingga dalam celah dan sela-sela waktunya kita dapat mengkolaborasikan dengan produk/layanan di dalamnya.

Konten yang bermanfaat terkadang tidak terjambah karena info grafis kurang menarik, oleh karena hal ini menjadi perhatian yang cukup besar dalam sebuah pencapaian.

Tak perlu menyerah dalam mengatasi hal ini, aplikasi android seperti Picart, Pixalab, dan lainnya dapat anda gunakan dengan sangat mudah, banyak tutorial yang menjelaskan hal ini juga.

Baca juga: Mengenal apa itu Virtual Account dan manfaatnya

3. Kelola Bisnis Online dengan Linktree

kelola bisnis online dengan linktree

Linktree merupakan sebuah  halaman web yang dapat menjadi wadah setiap akun media digital dan sosial yang kita miliki, misalnya kamu memiliki akun instagram, facebook, Whatsapp, email, dan lainnya dapat menjadi satu link yang diarahkan pada informasi akun terkait tersebut.

Sesuai dengan namanya berperan sebagai pohon utama di mana memiliki cabang dan ranting-ranting namun dapat dilihat sebagai satu pohon. Berikut cara mendapatkan akun Linktree dan menyesuaikannya:

  1. Silakan buka web linktree untuk membuat user loginnya, klik saja link tautan tersebut
  2. Pilih menu sigup for free
  3. Isikan informasi formulir pendaftaran, seperti email, username dan kata sandinya
  4. setelah itu anda dapat mengaitkan informasi akun digital dan dapatkan dengan satu link akses

4. Layanan Kepuasan dan Kepercayaan Yang utama

Berbagai cara bisa saja dilakukan, berbagai buku sukses berbisnis online dapat anda baca dan praktekan dan tentunya. Namun ada yang sering dilupakan oleh beberapa orang yang membuat mereka benar-benar gagal, yaitu mementingkan keuntungan semata.

Hal itu sangat wajar karena memang tujuan anda berbisnis untuk mencapai demikian, namun bagaimana jika keuntungan yang diharapkan tidak tercapai?kepuasan dan kepercayaan pelanggan

Kebanyakan akan menyerah, beda halnya jika mereka memiliki integritas dalam layanan dan menjaga kepercayaan pelanggannya. Tingkat kesabaran dan pemupukan semangat akan tercipta lebih tinggi.

Timbal baliknya satu pelanggan puas akan menjadi aset berantai, mereka dapat kembali lagi dan merekomendasikan kepada kerabat atau temannya.

Apa yang disampaikan di sini bukanlah cara yang 100% tepat, penulis sendiri menerapkannya dan masih belum menemukan titik capaian. Namun yang ingin ditekankan di sini adalah pemanfaatan teknologi dan cara yang tepat dalam mengelolanya.

Siapa tahu anda yang berhasil menerapkan cara ini, mengapa tidak mencoba untuk kelola bisnis online dengan experience yang menarik.

Tinggalkan komentar