2 Alasan Mengapa di Tengah Kota Susah Sinyal

Ada hal yang menarik saat mengetahui di tengah kota susah sinyal, konteks kecepatan dan layanan terbaik dalam berbagai aspek di perkotaan, memiliki sedikit celah seperti memberikan sinyal seluler.

Beberapa tempat tertentu akan membuat pengguna cukup kesulitan  untuk mendapatkan bar sinyal yang penuh.

Apa yang terjadi di sini, merupakan hal teknis yang terlupakan dalam membangun akses layanan publik dan kondisi yang memang tidak memungkinkan.

Tengah kota susah sinyal? seperti sindiran sarkasme yang membuat mereka berakativitas didalamnya menggambarkan raut muka yang cukup masam.

Hal seperti ini, bagi sebagian orang cukup tidak memperdulikannya,  namun tidak untuk pengguna dengan intensitas yang padat.

Oleh karenanya kesempatan ini akan memberikan jawaban mengapa kok bisa di tengah kota susah sinyal.

Penyebab di tengah Kota Susah Sinyal

Perkotaan identik dengan kepadatan, gedung-gedung perkantoran, restoran dan layanan publik seperti tidak memiliki pembatas bagi sebagiannya, berkesan romantis saling menguatkan antar bangunan, namun ada juga beberapa ruang menampilkan area luas.

Banyaknya aktivitas memberikan penyesuaian dalam beberapa hal untuk mendukung bidang permasalahan, seperti layanan internet yang wajib ada.

1. Interferensi Sinyal

Interferensi sinyal merupakan gangguan pada gelombang sinyal dari frekuensi yang tidak diinginkan, di mana hal tersebut membuat pengguna kesulitan untuk mendapatkan frekuensi yang diinginkan, sederhananya terjadi pengalihan atau terhalang oleh arus gelombang radio yang lain.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? jawabannya, kita coba lihat bagaimana layanan perkantoran dan akses publik  lainnya membangun kebutuhan jaringan internet.

Benar, hampir seluruh bagian tiap divisi memiliki akses pancaran sinyal gelombang WIFI, kita dapat hitung secara kasar misalnya 1 perkantoran memiliki 5 lantai di mana perbagiannya dilengkapi dengan 1 perangkat wifi.

Belum yang biasa terjadi area ruangan manajer atau penting lainnya selalu meminta akses jaringan pribadi sehingga harus terpisah dengan perangkat yang berbeda atau pembagian band sinyal.

Perhitungan bertambah perlantai 2, jadi total terdapat 10 SSID (Service Set Identifier) yang mengudara, silakan tambahkan dengan berapa jumlah perkantoran, restoran dan akses publik lainnya.

Tentunya ada perputaran frekuensi sinyal dalam satu area, apalagi jika sinyal WIFI yang dipancarkan dari gelombang yang kuat, akan menutup semua pancaran yang lain dalam ruang lingkup jangkauannya.

Hal ini akan membuat sinyal data pada seluler sulit untuk didapatkan, mungkin jika ada tidak mendapatkan performa terbaiknya, apa yang dapat dilakukan adalah dengan menjauh dari area terebut atau menggunakan layanan WIFI yang tersedia.

Hal itu sejalan dengan 10 kekurangan jaringan wifi yang jarang diketahui orang.

2. Sulit Menembus Bangunan dengan Konstruksi Beton

Sudah hal lumrah bangunan pencakar langit di bangunan konstruksi beton yang kokoh, bisa ditemukan pada area bawah pada gedung-gedung, di mana tiang dengan tembok besar berdiri kokoh.

Saat pengguna memasuki area tersebut, sinyal seluler seperti senyap, karena tidak ada celah dalam rambatannya. Walaupun terdapat ventilasi dan pencahayaan dari jendela, tetap saja performa sinyal yang didapatkan masih kurang bagus, sulit mendapatkan bar penuh.

Mengatasi Permasalahan Ini

Menanggapi persoalan yang telah kita ketahui bersama, ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika kamu berada dalam posisi tersebut, di antaranya:

  1. Silakan beralih atau bergeser sementara dari area tersebut untuk mendapatkan sinyal seluler
  2. Dapat menggunakan wifi publik yang tersedia seperti di restoran untuk berinternetan
  3. Hubungkan ulang dengan cara aktif dan  menonaktifkan koneksi pada data seluler, bisa memanfaatkan fitur mode pesawat

Hal Teknis yang dapat dilakukan

Dalam segi teknis, perencana dapat melakukan pemetaan dari kebutuhan akses jaringan internet melalui wifi, dengan menyederhanakan jumlah perangkat.

Misalnya Satu perangkat dengan performa yang baik yang dapat menjangkau beberapa blok ruangan yang sebelumnya harus digapai oleh dua perangkat. Dapat dicoba penggunaan akses wifi dual band, di mana satu perangkat dapat memancarkan dua nama dan enkripsi yang berbeda pula.

Selain itu penambahan penerus sinyal seperti Repeater menjadi pilihan terbaik untuk membuat jaringan terpusat, sehingga pengontrolan dan pengawasan menjadi lebih mudah dan tidak terlalu memancarkan frekuensi kuat yang mengganggu.

Baiknya menambahkannya dengan fasilitas Monitoring frekuensi, bisa menggunakan bantuan tambahan lain seperti Mikrotik di beberapa seri tertentu, agar posisi pemasangan tidak mubazir dan mengganggu frekuensi yang lain.

Baca juga: Cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak terkoneksi

Selain itu penambahan penerus sinyal lainnya untuk data seluler sangat direkomendasikan untuk ruangan yang sulit menjangkau sinyal.

Permasalahan ini merupakan murni dari pengalaman pribadi selama berkativitas sebagai teknis jaringan dan pengguna biasa.

memang dalam beberapa kasus dan keadaan tidak sepenuhnya terjadi hal demikian, tapi sangat bersemangat bagi penulis memberitahukan hal ini atas pengalaman yang pernah dihadapi.

Jadi seberapa sulit kamu mendapatkan sinyal diperkotaan?. Selengkapnya tentang interferensi sinyal

Tinggalkan komentar