Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

15 Tips Mempercepat Windows 10 Lemot Dengan Maksimal

5 min read

mokup post

Bukan hal baru mendengar keluhan pengguna tentang windows 10 lemot atau lambat. Beberapa darinya bahkan lebih memilih menggunakan windows 7 yang lebih optimal dan familiar.

Booting lama, berputar di halaman depan, tidak merespon, malfungsi dan pesan eror sering dijumpai oleh pengguna.

Advertisements

Mengoptimalkan kinerja menjadi langkah yang tepat oleh setiap pengguna, bagaimana caranya? berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mempercepat performa windows 10 lemot.

Menaikan Konsumsi Daya Untuk performa Baik

Windows 10 menyediakan fitur untuk menghemat daya, sebagai upaya dalam memperpanjang masa penggunaan perangkat. Konsekuensi dari sistem penghematan daya, dapat mengurangi kinerja dari Perangkat, merubahnya ke performa tinggi atau simbang akan memberikan gambaran berbeda dalam soal kinerja.

Untuk merubahnya pengguna dapat mengakses navigasi Control panel > System and Security > Power Option.  Selanjutnya pengguna dapat merubahnya ke pengaturan seimbang atau performa tinggi.

Merubah Power option windows 10

Perlu di ketahui, performa tinggi akan mengoptimalkan seluruh kinerja sistem, namun akan cepat menguras daya pada perangkat. Silakan dapat disesuaikan dengan kepentingan.

Menonaktifkan Efek Animasi dan Visual

Kelebihan dari windows 10 adalah tampilannya yang sangat enak untuk dilihat, dengan kombinasi layout,  gradasi warna dan beberapa efek animasi. Tak ada masalah jika berjalan di perangkat dengan spesifikasi hardware pendukung yang tinggi namun tidak untuk dibawahnya.

Menonaktifkan efek tersebut dapat dilakukan dengan mudah, pengguna dapat mengetikan kata kunci sysdm.cpl di mesin pencari windows.

sysdm.cpl kontrolel

Pada jendela popup pilih menu advanced > peforma settings > Adjust For Best Peformance

animasi seting windows 10

Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan efek visual yang ingin diaktifkan, misalnya menghilangkan ceklis pada animated in the taskbar atau di element inside windows. Sesuaikan dengan konsumsi yang diinginkan bisa satu atau memilih beberapa.

Yang perlu diketahui saat merubahnya adalah tampilan menjadi lebih kaku, tidak ada efek animasi saat memulai atau menutup jendela sistem.

Menonatifkan Efek Transparansi

Selain efek animasi yang membuat beban tambahan, transparansi juga menyumbangkan hal yang sama. Pengguna dapat menghilangkan efek yang muncul di jendela saat memulai, bilah tugas dan pusat tindakan.

Lakukan cara berikut, Buka menu pengaturan personalisasi > Warna > Gulir kebawah,  temukan efek transparan dan geser ke off untuk menonaktifkannya.

Menonaktifkan efek transparan

MenonAktifkan Notifikasi Tips And Trik

Fitur ini menjadi upaya dari sistem untuk membantu pengguna untuk mendapatkan hasil terbaiknya. Gambaran prosesnya, dimana sistem akan melakukan pemindaian, sehingga hal itu dapat memberikan beban lebih pada pemrosesan data yang berjalan.

Untuk menonaktifkannya, pengguna mengakses Settings> system > Notification & Action > hilangkan ceklis pada get tips, and sugstions, atau menggesernya ke off dalam beberapa seri windows 10.

Menonaktifkan notikfikasi tip and trik windows 10

Menghapus penyimpanan Temporary File

Temporary file merupakan file sementara yang dibuat oleh sistem secara otomatis ketika membuka jendela aplikasi. Hal ini bukan masalah besar, namun ketika banyak aplikasi yang terbuka, file tersebut akan menumpuk banyak dalam kurun waktu tertentu.

Membersihkannya akan memberikan keleluasaan untuk menyimpan file temporary yang lebih baru. Untuk melakukannya tekan kombinasi keyboard WIN + R , ketikan kata kunci “%tmp%” pada pencarian windows. Pilih semua (CTRL+A) dan hapus (delete).

temporarya file windows 10

Menonaktfikan Program Startup

Program startup memungkinkan aplikasi turut aktif otomatis ketika sistem dinyalakan, tanpa membukanya secara khusus terlebih dahulu. Semakin bayak aplikasi yang memiliki otorisasi tersebut, maka dapat membebani waktu tunggu agar sistem benar-benar siap digunakan.

Untuk melakukan tugas tersebut, pengguna dapat mengakses task manager dengan mengetikan kata kunci tersebut di pencarian windows, atau kombinasi keyboard CTRL + ALT + DEL , Atau CTRL + SHIFT +ESC.

Jika task manager tidak dapat dibuka, silakan ikuti langkah cara memperbaiki task manager disable oleh administrator

Selanjutnya pada menu startup, pengguna dapat desable program yang memiliki efek yang tinggi. Pilih program > disable

menonaktifkan startup program win 10

Menonaktifkan onedrive dan sinkronisasi

Jika menggunagunakan one drive sebagai sistem penyimpanan cadangan, alangkah baiknya menonaktifkannya, karena perangkat akan terus mensinkronnya dengan penyimpanan cloud. Hal itu dapat memperlambat kinerja pada perangkat yang memiliki spesifikasi standar.

Advertisements

Untuk melakukannya, silakan klik kanan pada icon onedrive > close onedrive.

menonaktifkan onedrive

Mengaktifkan pemeliharaan sistem Otomatis

Pemeliharaan terhadap sistem sangat perlu dilakukan, sebagai notifikasi kepada pengguna tentang apa yang perlu diperbaiki atau di perbaharui. Pada windows 10 telah tersedia tools yang dapat menjalankan tugas ini secara otomatis, pengguna mengenalnya dengan automatic maintenence.

Untuk menjalankan tools tersebut dapat mengakses control panel > System and security >Maintenence settings. Cekslis pada box mengijinkan jadwal pemeliharan pada jam yang telah ditentukan, silakan sesuaikan dengan keiinginan

jadwal pemeliharaan sistem windows 10

Percepat windows 10 lemot dengan Disk Cleanup

File yang ada pada perangkat sering kali tidak tertata dengan baik, oleh karenanya sulit untuk memilah file yang terpakai atau tidak. Semakin lama maka file tersebut akan menumpuk dan membebani kinerja dari sistem, oleh karena pembersihan menjadi cara yang baik untuk membuka arus yang lebih cepat.

Lakukan tugas tersebut dengan mengkases kata kunci “disk cleanup” pada pencarian windows > Pilih direktori disk yang akan di di scan, misalnya C: . Tunggu proses penyekenan selanjutnya terdapat opsi penghapusan file yang dirasankan, misalnya temporary download, internet, windows erors report, download, recyclebin dan lannya.

Klik OK untuk menghapus file yang dipilih secara permanen.

disk cleanup windows 10

Percepat kinerja sistem dengan Disk Degfragment

Disk degfragment yaitu proses menyatukan kembali file yang tercecer pada partisi disk dan mengelompokannya kembali menjadi satu dalam tempat yang sama. Proses tersebut dapat meningkatan kinerja perangkat dalam membaca data jika kamu menggunakan disk tipe piringan berputar. Namun jika menggunakan SSD, tidak harus melakukan Disk Degfragmen, karena sistemnya memiki optimasi berbeda dengan yang biasanya.

Untuk melakukannya, dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Akses aplikasi defragment dan Optimimize Drives, dengan mengetikan kata kunci tersebut di pencarian windows.
  2. Pilih partisi disk, dan Klik Optimaize untuk menjalankan prosesnya.
    defragment disk
  3. Tunggu proses, analisisnya sampai selesai.

Proses ini dapat berjalan secara otomatis, dengan menjadwalkannya harian, mingguan atau bulanan.

Menghapus Aplikasi Yang mencurigakan dan tidak terpakai

Banyaknya aplikasi terpasang pada perangkat membuat ruang penyimpanan menjadi lebih sempit, selain itu  kinerja sistem juga dapat terbebani. Seperti yang diketahui sebelumnya, beberapa aplikasi memungkinkan berjalan dengan file sistem otomatis, artinya berjalan pada startup mode. Oleh karna itu, menghapus beberapa aplikasi yang dirasa sudah tidak digunakan atau mencurigakan menjadi langkah yang sangat tepat.

lakukan cara berikut untuk melakukan penghapusan aplikasi agar perangkat lebih ramping:

  1. Akses control panel > Program > unistall a program
  2. Pilih aplikasi yang akan dihapus  > Unsintall/change 
    uninstall apliaksi windows 10
  3. Selanjutnya tekan Yes pada popup yang muncul, sebagai persetujuan penghapusan.
  4. Lakukan cara tersebut untuk menghapus aplikasi lainnya, namun jangan sembarangan, karena beberapa aplikasi terinstal dengan paketnya. Jika terhapus akan menghambat atau bahkan membuat aplikasi tidak bisa digunakan.

Windows 10 lemot Karna Virus

Sudah tak asing dengan virus, hampir pengguna mengetahui tipikal dan akibat yang disebabkan. kebiasaan buruk pengguna menyebabkan virus dapat muncul dan hinggap pada perangkat. Sebut saja mendownload file secara sembarangan, Berbagi penyimpanan flashdisk dengan perangkat lain, Pemasangan aplikasi bajakan dan aktivitas selancar di internet yang sembrono.

Banyak yang menggunakan antivirus pihak ketiga pada windows 10, padahal sitem telah menyediakan dan lebih baik. Dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan program antivirus yang di crack, berbeda jika memiliki lisensi dan akun pro tentu menjadi pilihan utama.

Windows Defender dapat melakukan tugas Scanning pada keseluruhan file, memberikan proteksi, dan notifikasi jika ada hal yang berbahaya bagi sistem. Temukan Aplikasi tersebut dengan mengetikan kata kunci Windows security settings pada pencarian windows.

Akses Virus & Threat Protections > Quick Scan, untuk menjalankan pencarian file berbahaya pada sistem.

windows defender

Lakukan Pembaharuan sistem secara berkala

Windows 10 bisa bisa dibilang rajanya update, sistem sering merekomendasikan untuk melakukan pembaharuan. hal menarik tersebut membuat beberapa orang cukup kesal ketika ingin mulai menggunakan atau mengakhiri ketika dimatikan.

Proses pembaharuan menjadi cara sistem untuk melakukan perbaikan secara mandiri, oleh karenanya mengakhiri paksa prosesnya akan berakibat fatal pada keseluruhan sistem. Membiarkannya sampai proses selesai adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesiapan sistem dalam melakukan tugas didalamnya.Windows update

Langkah yang tepat untuk mengatasi update tiba-tiba adalah dengan melakukan penjadwaan, pengguna dapat mengatur kapan harus melakukan pembaharuan. Untuk mengaturnya akses windows update pada pencarian windows, lalu pilih  advanced Option dan atur sesuai keinginan.

Restart Perangkat untuk mengembalikan Performa

Beberapa kasus, perangkat yang berjalan diawal tidak selalu mendapatkan pelayanan sistem yang sempurna, contohnya sound tidak berfungsi, Wifi yang susah terkoneksi, atau proses penyiapan sistem yang lama dari biasanya.

Memuat ulang sistem dengan restart adalah cara yang ampuh untuk memperbaikinya tanpa resiko dan pemahaman yang rumit. Beberapa orang mengandalkan cara ini jika terjadi permasalah malfungsi tersebut.

Upgrade Hardware

Perkembangan aplikasi yang terus mengembalikan pembaharuan, turut menyumbang pemroses data yang semakin tinggi.  Baik itu dari sistem penyimpanan data, atau dukungan terhadapnya.

Penggantian model penyimpanan HDD ke SSD memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan cepat. Tak lupa diimbangi dengan penambahan penyimpanan data sementara RAM sebagai pelengkap.

Meningkatkan spesifikasi perangkat keras memang perlu penambahan biaya, namun lebih baik jika terbatas untuk membeli yang lebih bagus.

Sumber yang sangat luar biasa dalam mengoptimalkan performa windows 10 lemot menjadi lebih cepat, Penyesuaian yang mudah serta memberikan efek yang luar biasa patut untuk dicoba demi pengalaman yang lebih menyenangkan bersama windows 10.

Advertisements

Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *